Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Rekomendasi Saham GOTO Usai ARB Berjilid-jilid, Simpan atau Buang?

Samuel Sekuritas merekomendasikan hold saham GOTO dengan target harga Rp180.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 04 Desember 2022  |  17:13 WIB
Rekomendasi Saham GOTO Usai ARB Berjilid-jilid, Simpan atau Buang?
Mitra layanan ojek daring Gojek menunjukkan logo merger perusahaan Gojek dan Tokopedia yang beredar di media sosial di shelter penumpang Stasiun Kereta Api Sudirman, Jakarta, Jumat (28/5/2021). Sejumlah mitra pengemudi Gojek berharap mergernya dua perusahan ?startup? Gojek dan Tokopedia memberikan dampak positif bagi kalangan mitra dengan meningkatnya bonus dan insentif karena penggabungan tersebut telah meningkatkan nilai atau valuasi perusahaan. - ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saham emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) berada dalam tekanan selama sepekan terakhir akibat sentimen pembukaan lock-up. Meski demikian, analis menilai masih terdapat prospek cuan pada saham GOTO.

Saham GOTO tercatat melemah 28,65 persen ke level Rp132 selama sepekan terakhir. Bersama dengan turunnya saham GOTO, kapitalisasi pasar saham GOTO juga ikut turun menjadi Rp156 triliun pada penutupan perdagangan Jumat (2/12/2022).

Analis Samuel Sekuritas Muhammad Farras Farhan menilai GOTO sudah berada di jalur yang benar untuk mencapai profitabilitas. Menurutnya, GOTO telah berhasil meningkatkan take rate pada kuartal III/2022 menjadi 2,84 persen.

"Dalam pandangan kami, GOTO berhasil membukukan take rate yang lebih baik karena GOTO saat ini berfokus pada pengguna dengan gross merchandise value [GMV] yang tinggi dan tidak lagi mengandalkan pengeluaran promosi yang besar," kata Farras dalam risetnya, dikutip Minggu (4/12/2022).

Menurutnya, hal ini akan membantu GOTO untuk mempersiapkan diri tahun depan, ketika pendanaan mungkin akan relatif terbatas karena kemungkinan resesi, dan perusahaan-perusahaan dituntut untuk mandiri.

Samuel Sekuritas memproyeksikan GOTO membukukan margin kontribusi yang positif di kuartal IV/2023, meskipun Gojek yang merupakan bagian dari GOTO, mungkin akan mencapainya pada awal kuartal I/2023.

Dia melanjutkan, perusahaan teknologi juga perlu mempertimbangkan runway yang mereka miliki. Menurutnya, saat ini runway yang dimiliki GOTO hanya selama 2-3 tahun, lebih singkat daripada emiten teknologi lain seperti PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) yakni 15 tahun.

Samuel Sekuritas merekomendasikan untuk hold saham GOTO dengan target harga (target price/TP) Rp180.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

GoTo Gojek Tokopedia Goto rekomendasi saham emiten teknologi
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top