Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Launchpad Kripto dan Cara Kerjanya

Bisnis.com merangkum arti dari launchpad kripto, fungsi, dan cara kerjanya.
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam dunia kripto, dikenal berbagai istilah yang mungkin asing bagi para pemula di bidang kripto, salah satunya adalah launchpad crypto. Apa itu launchpad kripto, fungsi, dan cara kerjanya?

Apa itu Launchpad Crypto?

Dikutip dari Pintu Academy, Sabtu (26/11/2022) Launchpad kripto adalah suatu platform yang memungkinkan proyek berbasis blockchain untuk meningkatkan jumlah modal sekaligus memberikan akses ke penjualan token pada tahap awal kepada kelompok investor tertentu.

Di satu sisi, launchpad kripto memberikan keuntungan bagi developer kripto karena dapat membantu memenuhi biaya peluncuran. Sementara dari sisi investor, akses ke penjualan tahap awal berarti mereka berkesempatan untuk mendapatkan harga aset yang lebih murah sebelum peluncuran aset kripto tersebut secara publik di pasar.

Fungsi Launchpad kripto

Launchpad kripto adalah win-win solution apabila dilihat dari sisi investor maupun developer aset kripto.

Keuntungan Launchpad kripto bagi Pengembang

1. Memperkenalkan kripto

Launchpad adalah kesempatan yang baik bagi developer untuk memperkenalkan aset kripto yang tengah mereka kembangkan kepada para investor. Hal ini sekaligus memberikan peluang bagi pihak developer untuk mendapat suntikan dana tambahan melalui investasi awal investor.

Tidak hanya itu, pihak developer juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan penilaian dari investor terkait teknologi dan mekanisme kerja aset kripto yang sedang dalam tahap pengembangan.

2. Menjamin Keamanan

Selain menjadi ajang untuk memperkenalkan kripto, peluncuran proyek melalui launchpad kripto juga dianggap dapat menjamin keamanan baik dari sisi developer maupun investor.

Hal ini dikarenakan launchpad kripto memiliki proses pemeriksaan yang sangat ketat untuk proyek baru, sementara di sisi lain, proses KYC (Know Your Customer) juga memberlakukan proses verifikasi pengguna baru yang dilakukan oleh pihak ketiga.

3. Menekan Biaya Peluncuran

Terakhir, launchpad kripto juga dapat menjadi solusi untuk menekan biaya peluncuran dari sisi developer. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, launchpad kripto memungkinkan adanya akses ke penjualan token pada tahap awal kepada kelompok investor tertentu.

Dari sinilah, para developer dapat meningkatkan jumlah modal mereka, sehingga mereka mampu menutup pengeluaran yang dibutuhkan saat proses peluncuran aset kripto ke publik.

Keuntungan Launchpad kripto bagi Investor

Sementara dari sisi investor, launchpad kripto juga memberikan beberapa keuntungan, yaitu:

1. Relatif Lebih Aman

Peluncuran proyek melalui launchpad kripto tidak hanya menawarkan keamanan dari sisi developer melainkan juga dari sisi investor. Hal tersebut dikarenakan setiap proyek yang terdaftar pada launchpad kripto semuanya telah diverifikasi sehingga memungkinkan ekosistem investasi yang lebih aman.

Hal ini dapat meminimalisir risiko investor akan kehilangan uang mereka atau menjadi korban penipuan dari para developer. Platform yang canggih juga dapat mencegah kemungkinan terjadinya tindak pidana penipuan atau kondisi dimana pihak developer kabur setelah mengambil uang investor.

2. Akses Lebih Awal ke Aset kripto

Kedua, launchpad kripto juga memungkinkan para developer untuk memberikan akses lebih awal kepada investor. Di sisi lain, hal tersebut memang menguntungkan pihak developer karena mereka berkesempatan memperoleh tambahan modal.

Namun, hal tersebut juga menguntungkan investor. Sebab dari sisi investor, dengan bergabung menjadi anggota launchpad dan mendapat akses lebih awal dari peluncuran publik berarti mereka mendapat harga token yang relatif lebih murah.

3. Apresiasi dari Pengembang

Ketiga, fungsi launchpad kripto yang disebut menguntungkan investor adalah memungkinkan adanya apresiasi nilai. Apresiasi nilai merupakan kebalikan dari depresiasi, yakni kenaikan nilai suatu aset seiring berjalannya waktu.

Adanya kemungkinan apresiasi ini disebut menguntungkan investor lantaran investor launchpad kripto umumnya berinvestasi dengan harga token yang lebih murah dibanding harga saat kripto diluncurkan ke publik. Apresiasi juga bisa dalam bentuk lain, misalnya akses khusus ke fitur tertentu tergantung dari kebijakan developer.

Bagaimana Cara Kerja Launchpad Kripto?

Untuk memahami cara kerja launchpad kripto, investor perlu memahami terlebih dahulu tujuan dari platform launchpad kripto. Umumnya, platform launchpad kripto memiliki dua tujuan, yakni:

● Mengumpulkan dana (crowdfunding) untuk pengembangan proyek; dan

● Memperkenalkan proyek kripto pada komunitas eksklusif sebelum diluncurkan secara publik.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, platform launchpad berupaya membangun komunitas di tahap awal serta selanjutnya mengundang proyek original yang potensial ke platform mereka agar para investor dapat melakukan pengumpulan dana (crowdfunding).

Oleh sebab itu, cara kerja launchpad kripto selalu diawali dengan membangun komunitas. Hal ini dilakukan dengan mengumpulkan beberapa investor sebagai anggota komunitas, meluncurkan token baru, dan mengadakan crowdfunding.

Dalam membangun komunitas, platform launchpad kripto memberlakukan sistem verifikasi identitas sebelum mengizinkan investor dan developer untuk berpartisipasi dalam IDO atau IEO.

Tujuannya adalah menghindari terjadinya penipuan sistem dengan membeli token melalui banyak identitas. Begitupun halnya dengan penipuan sistem yang dilakukan oleh investor dengan cara menghilang setelah mendapatkan dana crowdfunding dari investor.

Perlu diketahui bahwa terdapat berbagai jenis platform launchpad dan masing-masing memiliki persyaratan yang berbeda, tetapi yang pasti investor diwajibkan untuk memiliki dompet kripto agar bisa ikut terlibat dalam launchpad kripto tersebut.

Perbedaan Launchpad kripto dan Launchpool kripto

Launchpad dan launchpool sebenarnya sangat berbeda. Launchpad kripto adalah pembelian token kripto oleh investor sebelum peluncurkan resmi token tersebut di pasaran. Sementara, launchpool kripto adalah proses staking kripto berupa memasukan sejumlah dana ke liquidity pool yang memungkinkan investor untuk memperoleh sejumlah imbal hasil dalam bentuk token baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper