Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Lengkap Investasi Grup Astra (ASII) di Sektor New Economy

Grup Astra (ASII) dalam beberapa tahun belakangan kerap aktif melebarkan sayap investasinya di bidang new economy.
Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra
Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra - Bisnis.com 19 September 2022  |  20:00 WIB
Daftar Lengkap Investasi Grup Astra (ASII) di Sektor New Economy
Menara Astra. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Grup Astra (ASII) dalam beberapa tahun belakangan kerap aktif melebarkan sayap investasinya di bidang new economy.

PT Astra International Tbk. (ASII) melalui anak usahanya yakni PT Sedaya Multi Investama (SMI) atau Astra Financial baru saja menyelesaikan pembelian saham PT Bank Jasa Jakarta (BJJ). Astra terbilang cukup aktif melakukan beberapa aksi korporasi tahun ini, berikut adalah daftarnya:

PT Bank Jasa Jakarta (BJJ)

SMI dan BJJ telah SMI dan BJJ telah menandatangani share subscription Agreement (SSA)  pada 1 Juli 2022. Corporate Secretary Astra International Gita Tiffani Boer mengatakan SMI akan mengambil bagian atas 1,138 juta saham baru yang mewakili 49,56 persen dari seluruh modal yang ditempatkan dan disetor di BJJ.

"Nilai transaksi sebesar Rp3,87 triliun, dengan tunduk pada dipenuhinya seluruh persyaratan pendahuluan dalam SSA, termasuk persetujuan OJK terkait dengan transaksi," kata Gita, Senin (19/9/2022).

Kemudian pada 16 September 2022 pemegang saham BJJ telah menandatangani keputusan pemegang saham yang menyetujui transaksi. SMI, BJJ, Welab Sky Limited, PT Widya Raharja Dharma, dan PT Adikarta Graha, telah menandatangani akta pengambilalihan yang di antaranya memuat penyelesaian transaksi.

Dengan perjanjian tersebut, BJJ telah mencatat SMI sebagai salah satu pemegang saham BJJ dalam daftar pemegang saham BJJ.

PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL)

ASII tercatat memegang 6,5 persen kepemilikan saham emiten rumah sakit HEAL. ASII pun juga menjalin sejumlah kerja sama strategis.

Direktur Keuangan Medikaloka Hermina, Aristo Setiawidjaja mengatakan kerja sama ini akan menguntungkan kedua belah pihak. ASII akan memiliki competitive advantage dalam memberikan produk asuransi berbasis digital, sedangkan HEAL akan mendapat keuntungan dari segi partnership dan menjadi rumah sakit rujukan bagi peserta asuransi Grup Astra.

Ke depan, akan ada kerja sama lainnya yang dilakukan oleh ASII dan HEAL. Namun, manajemen belum bisa diberikan rinciannya saat ini.

Berdasarkan data terbaru PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per 10 September 2022, kepemilikan saham HEAL oleh ASII tercatat sebesar 6,5 persen, atau sebanyak 970.526.600 saham. ASII secara bertahap menggenggam saham HEAL sejak April 2022, melalui aksi korporasi private placement dengan pembelian 30 juta saham senilai Rp45 miliar.

Sayurbox, Paxel dan Mapan

Pada Maret 2022, ASII meningkatkan investasi di Sayurbox, suatu e-commerce platform, sehingga total investasi Grup menjadi US$13,6 juta setara Rp202,64 miliar (kurs Rp14.900).

"Pada April 2022, grup meningkatkan investasi di Mapan, suatu platform perdagangan sosial berbasis komunitas digital, sehingga total investasi Grup menjadi US$5,4 juta [Rp80,46 miliar]," ujar Presiden Direktur Astra International Djony Bunarto Tjondro.

Kemudian, pada Juni 2022, ASII juga memimpin penggalangan dana Paxel, suatu bisnis logistik berbasis teknologi, sebesar US$14,5 juta setara Rp216,05 miliar.

PT RUMA Rekan Usaha Mikro Anda atau Mapan mendapat guyuran pendanaan Seri A senilai US$15 juta. Pimpinan dalam pendanaan ini adalah Patamar Capital dan PT Astra Digital Internasional, entitas ASII. Turut terlibat, BRI Ventures, SMDV, Blibli, Prasetia Dwidharma, dan perusahaan ventura global, Flourish Ventures dan 500 Global.

Putaran pendanaan awal ini bertujuan mendorong penyediaan akses layanan keuangan dan kebutuhan bagi komunitas masyarakat menengah ke bawah ini, dipimpin .

CEO Mapan Ardelia Apti mengungkap bahwa pihaknya akan menggunakan investasi ini untuk mengembangkan layanan arisan digital melalui perluasan jangkauan produk dan bermitra dengan supplier terbaik.

Adapun, Mapan Arisan merupakan aktivitas berkumpul dan bersama-sama membeli barang secara bergiliran seperti arisan pada umumnya, yang notabene sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak lama.

Total grup Astra telah menggelontorkan dana setara hampir Rp500 miliar sepanjang semester I/2022 untuk menyuntik modal ke tiga startup, yakni Sayurbox, Paxel, dan Mapan.

LOGOS SE Asia Pte Ltd

ASII dan Hongkong Land  (HKL) membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV) dengan LOGOS SE Asia Pte Ltd untuk mengelola dan mengembangkan gudang logistik modern di Indonesia.

Astra dan Hongkong Land melalui PT Astra Land Indonesia nantinya akan membentuk perusahaan patungan dengan LOGOS untuk mengelola gudang logistik modern di Indonesia, dengan fokus awal di area Jabodetabek. Adapun pembentukan perusahaan patungan ini disebut menunjukkan keyakinan ASII terhadap sektor logistik.

“Kami ingin memperluas ketersediaan fasilitas gudang modern untuk mendukung sektor logistik di Indonesia, dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia,” ujar Presiden Direktur Astra International Djony Bunarto Tjondro.

Chairman LOGOS Asia Tenggara Stephen Hawkins menuturkan, pihaknya sangat senang bisa bekerja sama dengan Astra International dan Hongkong Land untuk memenuhi permintaan gudang logistik modern di Indonesia.

Dia pun berharap kerja sama tersebut dapat memenuhi kebutuhan gudang logistik yang terus meningkat di Indonesia, dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Pembentukan JV ini tentunya akan meningkatkan sinergi dari kedua perusahaan. Astra Land Indonesia memiliki rekam jejak yang baik di pasar property, sedangkan LOGOS memiliki pengalaman yang kuat dan luas dalam mengembangkan keberlanjutan, serta solusi logistik terintegrasi di pasar lokal maupun internasional,” tutur Stephen Hawkins.

LOGOS sendiri merupakan spesialis logistik yang tumbuh dinamis dengan wilayah operasional meliputi Australia, China, Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, India, Selandia Baru, Korea Selatan, dan Jepang. Sejak 2017, LOGOS telah hadir di Indonesia dengan beberapa portofolio gudang modern yang berlokasi di Cibitung, Cileungsi, Cikarang, dan Pondok Ungu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

astra asii Medikaloka Hermina HEAL Sayurbox
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top