Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra (ASII) Bakal Ubah Bank Jasa Jakarta jadi Bank Digital

Astra dan WeLab berencana untuk menjadikan BJJ sebagai bank digital inovatif di Indonesia.
Bank Jasa Jakarta. Astra dan WeLab berencana untuk menjadikan BJJ sebagai bank digital inovatif di Indonesia. /Istimewa
Bank Jasa Jakarta. Astra dan WeLab berencana untuk menjadikan BJJ sebagai bank digital inovatif di Indonesia. /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra International Tbk. (ASII) melalui anak perusahaannya PT Sedaya Multi Investama atau Astra Financial, hari ini (19/9/2022) resmi melakukan penyelesaian transaksi akuisisi salah satu bank komersial di Indonesia, PT Bank Jasa Jakarta (BJJ), bersama dengan WeLab melalui WeLab Sky Limited (WeLab Sky).

Setelah penyelesaian transaksi akuisisi, Astra Financial dan WeLab Sky masing-masing memiliki saham BJJ sebesar 49,56 persen, dan menjadi pemegang saham mayoritas sekaligus pengendali bank. Nantinya, Astra dan WeLab berencana untuk menjadikan BJJ sebagai bank digital inovatif di Indonesia.

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro mengatakan, investasi di BJJ sejalan dengan aspirasi Astra pada pilar jasa keuangan.

"Aspirasi tersebut untuk menjadi penyedia layanan jasa keuangan ritel yang terdepan di Indonesia, serta mendukung perkembangan industri jasa keuangan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Djony, Senin (19/9/2022).

Sementara itu, Direktur Astra sekaligus Director-in-charge Astra Financial Suparno Djasmin menuturkan, BJJ sebagai bank digital melalui strategi omnichannel, akan melengkapi produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan kepada pelanggan Astra. Hasil riset menunjukkan, sekitar 77 persen masyarakat di Indonesia masih tergolong ke dalam kategori unbanked dan underbanked.

"Melalui kerjasama ini, kami berharap BJJ dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, serta mempercepat inklusi dan literasi keuangan di Indonesia,” ucap Suparno.

Sementara itu, Founder dan Group CEO WeLab Simon Loong mengatakan, upaya memperluas kehadiran layanan bank digital WeLab di seluruh Asia, pertama di Hong Kong dan sekarang di Indonesia, telah menjadi salah satu langkah strategis WeLab.

Menurutnya, kemitraan dengan Astra mendukung fokus strategis WeLab dalam meningkatkan sinergi lintas negara dan bisnis dengan para mitra dalam memperluas skala dan jangkauan, untuk selanjutnya memperkuat jaringan dari platform fintech pan-Asia yang ada.

"Kami antusias bahwa mitra jangka panjang kami, Astra, akan bekerjasama dengan kami untuk memberikan layanan perbankan berbasis teknologi terbaik melalui BJJ di Indonesia. Kami berharap dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan melalui kerjasama dengan Astra,” ujar dia.

Sebelumnya, Astra dan WeLab telah berpartner dalam ekosistem teknologi finansial di Indonesia. Kemitraan di Bank Jasa ini adalah kemitraan strategis kedua, setelah pembentukan perusahaan patungan fintech lending bernama PT Astra WeLab Digital Arta (AWDA) pada tahun 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper