Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Gopay GOTO Tumbuh 87 Persen, Strategi Gopay Coin Berhasil?

Bisnis financial technology services PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) melalui Gopay menunjukkan gross transaction value (GTV) tumbuh 87 persen yoy.
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Bisnis financial technology services PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) melalui Gopay menunjukkan gross transaction value (GTV) tumbuh 87 persen yoy.

Manajemen menyatakan GTV dan pendapatan bruto segmen ini tumbuh signifikan didorong oleh berlanjutnya penetrasi GoPay di ekosistem Grup GoTo.

Selain itu, tersedianya GoPay Coins juga ikut menumbuhkan kinerja segmen teknologi finansial. Akuisisi pedagang dengan pertumbuhan tinggi yang bersamaan dengan pertumbuhan dari pedagang yang sudah ada.

Sebagai hasilnya, GTV segmen financial technology services Perseroan tumbuh 87 persen year-on-year pada kuartal kedua. Pendapatan bruto untuk segmen ini juga mencatatkan pertumbuhan kuat, sebesar 54 persen year-on-year, dengan take rate yang stabil.

Pada kuartal ini, tingkat penetrasi pengguna GoPay mencapai titik tertingginya dan 52 persen dari pengguna ekosistem memanfaatkan GoPay sebagai salah satu metode pembayaran mereka di Tokopedia.

Manajemen GOTO mengeklaim konsumen yang menggunakan GoPay di Tokopedia cenderung berbelanja lebih dari dua kali lipat lebih banyak dari konsumen yang menggunakan metode pembayaran lainnya.

Hal ini berdampak positif pada nilai kesetiaan konsumen di dalam platform, di mana retensi rata-rata antarbulan di Tokopedia telah meningkat hingga mencapai 82 persen pada kuartal ini.

Andre Soelistyo, Direktur Utama Grup GoTo menjelaskan pada kuartal kedua, Perseroan terus fokus pada pertumbuhan bisnis yang berkualitas dan berkesinambungan. Nilai transaksi bruto (GTV) dan pendapatan bruto GOTO terus tumbuh, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kinerja GOTO, lajutnya, akan mengedepankan diferensiasi produk serta bergeser dari bisnis berbasis insentif, membuahkan hasil yang baik. Sejak implementasi strategi tersebut, penggunaan lintas platform meningkat serta memberikan ruang untuk menajamkan fokus, meningkatkan jumlah pelanggan setia dengan monetisasi bernilai tinggi.

“Di tengah tantangan makroekonomi yang masih berlanjut, kami memperkokoh kepemimpinan di Indonesia, memperluas keragaman dan pendalaman ekosistem untuk terus mengembangkan bisnis. Secara keseluruhan, industri ini akan terus beradaptasi di tengah perubahan yang sangat cepat. Memahami situasi tersebut, GoTo akan terus mengimplementasikan efisiensi biaya dan mendorong sinergi optimal dalam ekosistem,” pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper