Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengintip Prospek Arus Modal Investor Asing dan Laju IHSG

Solidnya PDB Indonesia pada semester I/2022 dan cerahnya prospek sepanjang tahun ini, diprediksi mendorong investor asing melanjutkan aksi belinya.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 21 Agustus 2022  |  19:14 WIB
Mengintip Prospek Arus Modal Investor Asing dan Laju IHSG
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (20/7/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Investor asing diperkirakan oleh analis akan melanjutkan aksi belinya di pasar modal Indonesia. Hal itu berpeluang terjadi seiring menjanjikannya prospek ekonomi Tanah Air hingga akhir tahun ini.

Adapun, Bank Indonesia mencatat sebanyak Rp3,01 triliun modal asing masuk ke pasar keuangan Indonesia sepanjang 15-18 Agustus 2022, baik ke Surat Berharga Negara (SBN) maupun pasar saham. Hal tersebut diyakini akan mendorong penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Analis Indo Premier Sekuritas, Mino mengatakan, seiring solidnya PDB Indonesia 2022 dan masih cerahnya prospek di sepanjang tahun ini, diprediksi asing masih akan melanjutkan aksi belinya.

“Dampak ke IHSG akan positif dan mendorong penguatan IHSG,” kata Mino kepada Bisnis, dikutip Minggu (21/8/2022).

Mino menambahkan, dia juga melihat adanya sentiment positif dari inflasi di Ameriika Serikat (AS) yang melandai. Indo Premier Sekuritas memprediksi agresitivitas The Fed dalam menaikan suku bunga akan berkurang. Namun, hal ini juga akan membebani rupiah.

“Pasalnya, keputusan BI yang masih menahan suku bunga acuan di level 3,50 persen di tengah kenaikan suku bunga global diprediksi akan membuat rupiah sulit menguat ke level Rp14.000,” ungkapnya.

Pada perdagangan terakhir, Jumat (19/8/2022), rupiah ditutup melemah 0,01 persen atau 1,5 poin ke Rp14.838 per dolar AS. Adapun, IHSG tercatat melemah 0,20 persen ke 7.172,43.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG prediksi ihsg investor asing investor
Editor : Yustinus Andri DP
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top