Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Astra (ASII) Bawa 3 Desa Binaan Ekspor Perdana Senilai Rp6,5 Miliar

Saat ini Astra International (ASII) memiliki 930 desa binaan di 34 provinsi.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 12 Agustus 2022  |  14:14 WIB
Astra (ASII) Bawa 3 Desa Binaan Ekspor Perdana Senilai Rp6,5 Miliar
Masyarakat binaan di Desa Sejahtera Astra (DSA) saat sedang melakukan penyaringan rumput laut sebelum diekspor pada Jumat (12/8/2022) di Makassar, Sulawesi Selatan. Astra membantu ekspor tiga produk unggulan dari tiga DSA di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara dengan total Rp6,5 miliar. - Bisnis/Rinaldi Azka.
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR- Emiten konglomerasi, PT Astra International Tbk. (ASII) membawa produk unggulan dari tiga Desa Sejahtera Astra (DSA) ke pasar ekspor dengan total Rp6,5 miliar.

Ketiga desa tersebut yaitu DSA Wakatobi, DSA Bombana, dan DSA Bone. Sementara produk unggulan yang diekspor berupa produk perikanan, rumput laut, dan minyak nilam di Makassar, Sulawesi Selatan.

Chief of Corporate Affairs Astra International Riza Deliansyah mengatakan ekspor ini ditujukan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menambah devisa negara, khususnya di sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan.

Dari pelepasan produk unggulan tersebut, tercatat DSA Wakatobi mengekspor 27 ton rumput laut senilai Rp450 juta dengan tujuan negara China dan produk perikanan sebanyak 14 ton senilai Rp1,4 miliar untuk dikirim ke Amerika.

Selain itu, produk minyak nilam dari DSA Bombana dan DSA Bone sebanyak 12 ton senilai Rp4,7 miliar juga dikirim dengan tujuan pasar ekspor di India dan Pakistan.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor Indonesia sepanjang semester pertama tahun 2022 mencapai US$141,07 miliar atau tumbuh 37,11 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Saat ini ada 930 desa yang kami bina di seluruh Indonesia dan sebagian ada di Sulawesi Selatan ini, maupun di Sulawesi Tenggara dan ada peningkatan penyediaan tenaga kerja 19.190 tenaga kerja baru. Jadi kalau saya lihat programnya tidak terlalu macam-macam tapi memberikan manfaat dengan partisipasi dengan seluruh pemerintah ini akan memberikan manfaat," terangnya dalam pelepasan ekspor, Jumat (12/8/2022).

Festival ini dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Selatan Muhammad Ilyas, Direktur Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Syahrul, Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer Kementerian Perdagangan Merry Maryati, Staff Khusus Wakil Presiden Republik Indonesia Dhika Yudhistira, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, dan Chief of Corporate Human Capital Development Astra Aloysius Budi Santoso.

Mewakili Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Selatan Muhammad Ilyas mengapresiasi upaya Astra dalam membangun sinergi program pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program DSA.

“Produksi statistik perikanan Sulawesi Selatan sebanyak 4,5 juta ton ikan budidaya dan tangkap sepanjang 2021. Budidaya 4 juta, tangkap 417.000 ton. Ke depan, kami fokus perikanan berkelanjutan tak hanya dua tahun ekspor, lalu berhenti, ini harus bisa diteruskan," jelasnya.

Sepanjang 65 tahun berkembang bersama masyarakat Indonesia, Astra menyadari bahwa kegiatan berbasis kewirausahaan seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), start-up, dan usaha pengembangan produk lokal memiliki peran penting dalam menjamin ketangguhan ekonomi Indonesia.

Melalui ekspor produk DSA ini, Astra berharap semangat untuk mengembangkan produk unggulan berdasarkan potensi lokal dapat terus dikembangkan dan bersinergi dengan segenap stakeholders terkait.

Saat ini Astra memiliki 930 desa binaan di 34 provinsi. Dengan rincian Sumatera sebanyak 134 DSA, Kalimantan sebanyak 130 DSA, Papua sebanyak 18 DSA, Jawa sebanyak 402 DSA, Sulawesi sebanyak 50 DSA, Bali dan Nusa Tenggara sebanyak 124 DSA, dan Maluku sebanyak 72 DSA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

astra international corporate social responsibility ekspor BPS
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top