Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi Masuk Bursa, Moratelindo MORA Raih Dana IPO Rp1 Triliun

Entitas Grup Sinar Mas Moratelindo meraih dana IPO Rp1 triliun dan resmi mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia pada hari ini.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 08 Agustus 2022  |  09:11 WIB
Resmi Masuk Bursa, Moratelindo MORA Raih Dana IPO Rp1 Triliun
Entitas Grup Sinar Mas Moratelindo meraih dana IPO Rp1 triliun dan resmi mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia pada hari ini.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Entitas Grup Sinar Mas, PT Mora Telematika Indonesia Tbk. (MORA) atau Moratelindo resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada hari ini, Senin (8/8/2022).

MORA menjadi salah satu dari empat emiten pendatang baru di bursa pada hari ini. PT Estee Gold Feet Tbk (EURO), PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (KKES), dan PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI) juga resmi mencatatkan sahamnya pada hari ini.

Dalam keterangan resminya, MORA menyampaikan nilai nominal dari saham MORA adalah sebesar Rp100 per saham.

Moratelindo menetapkan harga final penawaran saham perdana atau IPO Rp396 per saham. MORA melepas 2,52 miliar (2.525.464.300) saham atau sebanyak-banyaknya 10,68 persen dari modal ditempatkan dan disetor perseroan.

Jumlah saham yang dilepas ke masyarakat sudah termasuk saham yang dialokasikan kepada karyawan Moratelindo, yaitu sebesar 0,247 persen saham dari saham yang ditawarkan dalam IPO atau sebanyak 6.246.500 saham biasa atas nama untuk program alokasi saham kepada karyawan atau employee stock allocation (ESA). Program ESA merupakan bentuk apresiasi Perseroan terhadap kinerja dan pengabdian karyawan kepada Perseroan selama ini.

Dengan penawaran ini, Moratelindo diperkirakan mampu mengumpulkan dana hingga Rp1 triliun. Pada masa penawaran umum, IPO Perseroan mengalami kelebihan permintaan alias oversubscribed hingga 227.35 kali berdasarkan system E-IPO, jauh melampaui sejumlah target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Jumlah saham yang dilepas ke masyarakat sudah termasuk saham yang dialokasikan kepada karyawan Perseroan, yaitu sebesar 0,247 persen saham dari saham yang ditawarkan dalam IPO atau sebanyak 6.246.500 saham biasa atas nama untuk program alokasi saham kepada karyawan atau employee stock allocation (ESA). Program ESA merupakan bentuk apresiasi Moratelindo terhadap kinerja dan pengabdian karyawan kepada Perseroan selama ini.

Sehubungan dengan diterbitkannya seluruh saham baru yang ditawarkan dalam IPO dan diimplementasikannya Program ESA, maka struktur permodalan dan susunan pemegang saham Moratelindo sesudah Penawaran Umum Perdana Saham adalah PT Gema Lintas Benua sebanyak 30,17 persen), PT Candrakarya Multikreasi sebanyak 40,83 persen.

Selanjutnya, PT Smart Telecom memiliki sebanyak 18,32 persen, masyarakat sebanyak 10,65 persen, dan program ESA sebanyak 0,03 persen dengan jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan sebanyak 23.646.668.691 lembar saham atau senilai Rp2,36 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mora telematika indonesia moratelindo ipo bursa efek indonesia sinar mas MORA
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top