Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PTPP Selesaikan Bandara Komodo Labuan Bajo, Sasar Proyek Pemerintah Lainnya

Setelah menyelesaikan proyek Bandara Komodi di Labuan Bajo, PTPP mengincar sejumlah proyek infrastruktur dari pemerintah.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 25 Juli 2022  |  11:26 WIB
PTPP Selesaikan Bandara Komodo Labuan Bajo, Sasar Proyek Pemerintah Lainnya
Aktivitas proyek konstruksi gedung bertingkat yang dikerjakan PT PP (Persero) Tbk. di Jakarta, Rabu (16/2/2022). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten BUMN karya, PT PP (Persero) Tbk (PTPP), menyelesaikan proyek pembangunan dan perluasan fasilitas Bandar Udara Komodo Labuan Bajo.

Proyek pembangunan dan pengembangan Bandar Udara Komodo berlokasi di Labuan Bajo Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Proyek yang dananya bersumber dari APBN tersebut memiliki lingkup pekerjaan, sebagai berikut: pekerjaan perpanjangan landasan pacu, pekerjaan penataan interior terminal penumpang, pekerjaan ekstension terminal penumpang, hingga pemotongan obstacle runway TH 17.

Adapun, salah satu pengembangan yang dilakukan oleh PTPP yaitu dari sisi runway berupa perpanjangan dari 2.450 meter menjadi 2.650 meter.

Dengan dilakukannya perpanjangan runway tersebut diharapkan dapat lebih leluasa untuk digunakan oleh pesawat-pesawat narrow body.

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad menjelaskan PTPP selaku perusahaan konstruksi telah menuntaskan pekerjaan tersebut dengan tepat waktu dan kualitas terbaik.

"Kami berharap dengan telah diselesaikan dan diresmikan pengembangan Bandara Komodo ini, Labuan Bajo akan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Kehadiran bandara ini tentunya akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Nusa Tenggara Timur," jelasnya, Senin (25/7/2022).

PTPP lanjutnya, akan terus mendukung program Pemerintah dalam meningkatkan infrastruktur di Indonesia.

Presiden Joko Widodo menilai perluasan fasilitas bandara akan memudahkan penerbangan pesawat langsung dari luar negeri ke Labuan Bajo.

Dengan bertambahnya wisatawan dari mancanegara dan nusantara, maka Labuan Bajo akan semakin dikenal oleh dunia.

Presiden Jokowi menyampaikan fasilitas terminal di Bandara Internasional Komodo akan terus dilengkapi seiring dengan kebutuhan masyarakat.

Lebih lanjut, Kepala Negara berharap dengan terus dilakukannya pengembangan fasilitas, pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah Labuan Bajo dapat terus meningkat.

"Kita harapkan dengan tambahannya turis baik dari mancanegara maupun wisatawan nusantara Labuan Bajo menjadi makin dikenal dan yang paling penting bisa mensejahterakan masyarakat kita utamanya khususnya masyarakat Nusa Tenggara Timur," tuturnya.

Sebagai tanda telah selesainya pembangunan tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara langsung melakukan seremoni peresmian pengoperasian Bandara tersebut pada Kamis (21/7/2022).

Acara peresmian tersebut secara simbolis ditandai dengan pemukulan gendang oleh Presiden Joko Widodo dan penandatanganan prasasti.

Dalam acara tersebut Presiden RI Joko Widodo turut didampingi oleh Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, dan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi.

Acara peresmian tersebut turut dihadiri secara langsung oleh Novel Arsyad selaku Direktur Utama, Anton Satyo Hendriatmo selaku Direktur Operasi Bidang Gedung dan Bakhtiyar Efendi selaku SVP Corporate Secretary PTPP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten ptpp kontrak baru BUMN
Editor : Hafiyyan
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top