Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Artis Jadi Komisaris Emiten, Ada Cinta Laura hingga Wulan Guritno

Sejumlah artis yang menduduki kursi komisaris emiten atau perusahaan terbuka ialah Cinta Laura, Abdee Slank, Wulan Guritno, dan Ricky Harun.
Hafiyyan & Mutiara Nabila
Hafiyyan & Mutiara Nabila - Bisnis.com 27 Juni 2022  |  17:13 WIB
Daftar Artis Jadi Komisaris Emiten, Ada Cinta Laura hingga Wulan Guritno
Cinta Laura - Instagram @claurakiehl. Sejumlah artis yang menduduki kursi komisaris emiten atau perusahaan terbuka ialah Cinta Laura, Abdee Slank, Wulan Guritno, dan Ricky Harun.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah artis Tanah Air tidak hanya berkarir di dunia hiburan, bahkan beberapa di antaranya menjadi komisaris di emiten baik BUMN maupun swasta.

Terbaru, ada Cinta Laura yang diangkat menjadi Komisaris PT Maharaksa Biru Energi Tbk. (OASA) dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) hari ini, Senin (27/6/2022).

Sebelum Cinta Laura, ada sejumlah nama artis beken lain yang menduduki kursi komisaris, seperti Abdee Slank, Wulan Guritno, dan Ricky Harun.

Daftar Artis Jadi Komisaris

Cinta Laura

PT Maharaksa Biru Energi Tbk. (OASA) dalam RUPS hari ini menyetujui pergantian susunan pengurus, di antaranya mengangkat Hariyadi B.S. Sukamdani sebagai Komisaris Utama dan Cinta Laura sebagai Komisaris.

Direktur Utama/CEO OASA Bobby Gafur Umar, mengungkapkan alasan perseroan mengangkat Cinta Laura karena keterlibatannya dalam isu lingkungan, sesuai arah perusahaan yang ingin mengembangkan bisnis energi terbarukan.

Cinta Laura merupakan artis lulusan Universitas Columbia, New York, Amerika Serikat. Cinta Laura belum lama ini juga berpidato sebagai satu-satunya perwakilan perempuan generasi muda dalam rangka peringatan Hari Pancasila di MPR RI pada awal Juni lalu.

“Tak banyak yang tahu bahwa Cinta Laura sesungguhnya merupakan sosok selebriti yang sangat peduli terhadap lingkungan. Melalui gerakan #ActofLove #AoLKiehlers, Cinta Laura menyebarkan kesadaran untuk menerapkan gaya hidup yang ramah terhadap bumi,” jelas Bobby, Senin (27/6/2022).

Bersama gerakan ini, Cinta Laura juga mengenalkan konsep-konsep ekonomi hijau, diantaranya circular economy, yakni mendaur ulang produk untuk meminimalisir sampah. Selain itu, Cinta juga mengenalkan konsep conscious living atau gaya hidup mengkonsumsi produk dengan penuh kesadaran.

Lewat gerakan #ActofLove #AoLKiehlers, Cinta Laura ingin masyarakat dapat berpartisipasi dalam gerakan ramah lingkungan ini.

“Karena itu, saya sangat happy ketika saya mendapat kesempatan ikut bergabung di PT Maharaksa Biru Energi Tbk. Sangat sesuai dengan passion saya,” kata Cinta Laura.

Abdee Slank

Abdee Slank menjadi komisaris PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) 2020 perseroan yang digelar pada Jumat, 28 Mei 2021. Abdee kembali diangkat menjadi komisaris dalam RUPS pada 27 Mei 2022.

Sebagai informasi, Abdi dengan nama panggung Abdee merupakan gitaris salah satu rock band legendaris Indonesia, Slank. Selain sebagai gitaris, Abdi juga tampil sebagai vokalis pendukung, penulis lagu, dan produser.

Abdi lahir di Donggala Sulawesi pada 28 Juni 1968. Adapun, pada pemilihan umum 2014, Abdi kerap menjadi narasumber di beberapa acara televisi, baik sebagai juru bicara Slank maupun juru bicara relawan Joko Widodo.

Band Slank juga merupakan salah satu pencipta lagu kampanye Salam Dua Jari milik Joko Widodo dalam pemilu sehingga Jokowi menang sebagai Presiden ke-7 Republik Indonesia.

Kementerian BUMN membuka suara atas penunjukkan Abdi Negara Nurdin alias Abdee Slank sebagai Dewan Komisaris PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM).

"Cara transformasi BUMN ada beberapa langkah, salah satunya melalui penempatan manajemen komisaris yang tepat, penempatan konsep bisnis yang tepat pasca pandemi dan memastikan masing-masing BUMN yang baik," jelasnya Menteri BUMN Erick Thohir, pada 2 Juni 2021.

"Kemarin, yang selalu ditantang ke saya, kenapa tidak ada ada perwakilan masyarakat musisi, apa salahnya Telkom dan Telkomsel berpihak ke konten lokal. Dengan demikian, Telkom dan Telkomsel harus menjadi agregator konten lokal," paparnya.

Hal-hal inilah yang coba diperbaiki oleh pemerintah. Telkom memiliki produk Indihome yang di dalamnya banyak saluran-saluran televisi.

Idenya bagaimana memanfaatkan platform yang dimiliki oleh TLKM ini untuk dapat membuat saluran bagi musisi jalanan misalnya atau membuat konser virtual utk musisi yang saat ini tidak punya panggung.

"Ini yang saya bilang kontroversi pengangkatan [komisaris] pasti ada, tapi masa musisi Indonesia tidak boleh naik kelas?" ungkapnya.

Erick pun bercerita pernah mengangkat bintang film senior yang sudah berpengalaman, menanyakan alasan tidak bisa membangun ekosistem industri film, sehingga ya harus diberi kesempatan.

"Itu komitmen saya pengangkatan direksi bagian transformasi pasca pandemi ini ke depan," tegasnya.

Wulan Guritno

Wulan Guritno menjabat sebagai komisaris di PT Lima Dua Lima Tiga Tbk. (LUCY), pemilik dan pengelola Lucy in the Sky yaitu ruang rooftop di bidang makanan-minuman (F&B) di kawasan SCBD Jakarta. LUCY resmi listing di BEI pada 5 Mei 2021.

LUCY melepas 337,50 juta saham dalam penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) atau mewakili 32,61 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO.

Harga penawaran ditetapkan Rp100 sehingga total dana yang dihimpun dalam aksi korporasi ini senilai Rp33,75 miliar.

Perseroan juga menerbitkan 236,25 juta waran seri I sebagai pemanis atau sebanyak 33,87 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh.

Pada 2022, LUCY bakal membuka dua outlet baru pada tahun ini. Direktur Utama Lima Dua Lima Tiga Andaru Tahir menerangkan perseroan tengah merampungkan pembangunan outlet ketiga yang berlokasi di Cikini dan outlet keempat berlokasi di Pantai Indah Kapuk.

Kedua outlet tersebut direncanakan akan mulai dibuka untuk umum pada kuartal II/2022 dan kuartal IV/2022. Sebelumnya, LUCY baru saja membuka outlet kedua yang berlokasi di Senayan Park pada Desember 2021 lalu.

“Untuk outlet yang berlokasi di Cikini saat ini tengah dalam progres pembangunan sekitar 60 persen-70 persen, dan kami targetkan dapat dibuka untuk masyarakat pada kuartal II/2022 atau sekitar Juni 2022," jelasnya, Selasa (29/3/2022).

Sementara itu, outlet keempat yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk masih dalam tahap pembangunan dan ditargetkan dapat selesai pada kuartal IV/2022.

"Kami cukup agresif dan optimistis dalam pembukaan kedua outlet kami, karena kami melihat ekonomi dan daya beli masyarakat mulai membaik seiring terkendalinya kasus penyebaran Covid-19,” terangnya.

Ricky Harun

Aktor Ricky Chilnady Pratama atau yang dikenal dengan nama Ricky Harun muncul di jajaran komisaris independen baru PT HK Metals Utama Tbk. (HKMU).

Keputusan ini disampaikan perseroan setelah melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Senin (16/8/2021). Pada agenda tersebut perseroan juga menerima pengunduran diri dua orang manajemen perseroan.

Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan HK Metals Utama Jodi Pujiyono menyebutkan bahwa terdapat beberapa alasan perseroan menunjuk Ricky Harun sebagai bagian dari manajemen perseroan.

Alasan pertama ungkapnya terkait dengan kebutuhan perusahaan menemukan ide-ide segar dari komisaris baru untuk membantu perusahaan. Sosok Ricky Harun dipercaya Josi bisa melihat hal tersebut terutama pada segmentasi konsumen generasi yang lebih muda.

“Kemudian yang kedua public awareness terhadap produk kami. Memiliki komisaris di kalangan public figure harapannya meningkatkan atensi terhadap produk-produk dan merek-merek dagang kami yang nantinya akan meningkatkan penjualan,” papar Jodi dalam paparan publik, Senin (16/8/2021).

Selanjutnya perseroan menurut Jodi menyadari bahwa atensi pelaku pasar modal maupun masyarakat umum akan lebih meningkat dengan kehadiran public figure.

Hal tersebut menurutnya akan meningkatkan tanggung jawab perseroan untuk terus berupaya menciptakan good corporate governance, transparansi informasi perseroan dan juga hal-hal lebih baik ke depannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emiten komisaris wulan guritno slank Cinta Laura Abdee Slank
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top