Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Menghijau Pagi Ini, Asing Borong Saham BBCA, ADRO, & BMRI

IHSG terpantau menguat 0,25 persen atau 17,74 poin ke level  7.055,31 pada pukul 09.02 WIB.
Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (9/5/2022).  Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (9/5/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat pada awal perdagangan hari ini, Selasa (31/5/2022).

Berdasarkan data Bloomberg, IHSG terpantau menguat 0,25 persen atau 17,74 poin ke level  7.055,31 pada pukul 09.02 WIB. Sebanyak 240 saham menguat, 79 saham melemah, san 220 saham stagnan pagi ini.

Investor asing mencatatkan beli bersih senilai Rp25,38 miliar pada awal perdagangan. Investor asing paling banyak memborong saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI) dengan net buy senilai Rp36,37 miliar.

Menyusul di belakangnya, PT Adaro Energy Indonesia Tbk. mencatat net buy sebesar Rp8,84 miliar, disusul PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) dengan nilai Rp4,97 miliar.

Tim Riset NH Korindo Sekuritas Indonesia menyebutkan 9 dari 11 indeks sektor menguat pada penutupan perdagangan kemarin, dengan sektor transportasi dan logistik menguat hampir 4 persen. Menguatnya IHSG kemarin terjadi di tengah menguatnya rupiah terhadap dolar AS sebesar 0,13 persen ke level Rp14.558 per dolar AS.

“Jelang libur sekaligus menutup Mei, NH Korindo Sekuritas Indonesia memproyeksikan IHSG bergerak upward dengan kisaran 6.950–7.200,” tulis NH Korindo dalam laporannya.

Di pasar modal AS, Pasar Derivatif AS Menguat, walaupun bursa Wall Street libur memperingati Memorial Day, dengan S&P 500 Mini naik 0,3 persen dan Nasdaq 100 Future naik 0,8 persen.

“Investor melihat kebijakan moneter the Fed dapat lebih longgar, setelah wacana kenaikan FFR masing-masing 50 bps pada Juni dan Juli.”

Sementara itu, bursa saham Eropa ditutup menguat, ditopang sentimen positif relaksasi strategi "Zero Covid" di China, terutama di Shanghai dan Beijing. Sebelumnya, investor khawatir penerapan strategi tersebut, akan memberikan dampak negatif bagi pemulihan ekonomi China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper