Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPO-nya Aset Kripto, Apa Itu Initial Coin Offering (ICO)?

ICO dalam kripto memang mirip dengan IPO perusahaan terbuka, namun ada perbedaan mendasar antara keduanya.
Ilustrasi Mata Uang Kripto Bitcoin/Antara
Ilustrasi Mata Uang Kripto Bitcoin/Antara

Cara Kerja ICO

Sampai di sini, terdapat perbedaan kontras antara apa itu ICO dengan IPO di pasar modal. Dalam IPO, perusahaan mengeluarkan saham. Nilai saham itu mempunyai kaitan erat dengan performa bisnis perusahaan.

Lalu, bagaimana dengan ICO? Apakah token yang bisa didapatkan dari ICO mampu memberi keuntungan serupa? Untuk hal yang satu ini, perlu terlebih dulu mengetahui cara kerja ICO.

Seperti yang telah disebutkan, ICO merupakan salah satu upaya penggalangan modal oleh sebuah perusahaan lewat perilisan token. Token tersebut kemudian didistribusikan dalam platform exchange agar bisa diperdagangkan.

Sebagai imbalan, pemilik token aset kripto akan mendapatkan keuntungan dari perusahaan, dapat berupa akses layanan tertentu atau kepemilikan modal di perusahaan. Token yang memberi akses layanan dikenal sebagai utility token. Sementara itu, token yang merepresentasikan kepemilikan modal disebut dengan istilah security token.

Selain dua jenis token tersebut, ada pula istilah payment token. Token yang satu ini memperoleh pengawasan ketat. Alasan utamanya adalah sebagai jaminan payment token tidak dimanfaatkan sebagai sarana pencucian uang.

Kepemilikan token lewat ICO memang memberi peluang memiliki kontribusi modal bagi sebuah perusahaan. Hanya saja, pihak perusahaan tidak mempunyai obligasi nyata yang bisa diberikan kepada para kontributor.

Beberapa praktik ICO memberi kesempatan bagi investornya mendapatkan keuntungan besar. Namun, tak menutup kemungkinan kalau ICO membuat investor rugi besar. Hal ini dapat terjadi kalau ICO itu merupakan penipuan atau perusahaan memiliki performa bisnis yang buruk.

Oleh karena itu, sebelum berpartisipasi, investor perlu memahami secara mendalam apa itu ICO. Selain itu, juga harus paham tentang cara menggunakan wallet crypto serta platform exchange.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper