Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aturan Covid-19 Melonggar, Bagaimana Dampaknya pada Reksa Dana?

Kinerja reksa dana saham dan pendapatan tetap diperkirakan bakal berfluktuasi dalam jangka pendek. Risiko inflasi dan resesi jadi sentimen negatif di dua instrumen reksa dana tersebut.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 18 Mei 2022  |  18:03 WIB
ilustrasi investasi reksa dana
ilustrasi investasi reksa dana

Bisnis.com, JAKARTA - Kinerja reksa dana saham dan pendapatan tetap diperkirakan bakal berfluktuasi dalam jangka pendek. Risiko inflasi dan resesi jadi sentimen negatif di dua instrumen reksa dana tersebut.

President dan CEO Pinnacle Persada Investama Guntur Putra menjelaskan dari sisi ekspektasi dan strategi bisnis reksa secara jangka panjang cukup positif.

"Namun, untuk periode jangka pendek dan jangka waktu menengah, kondisi kinerja reksa dana akan cukup berfluktuasi terutama reksa dana berbasis saham dan pendapatan tetap atau fixed income," jelasnya kepada Bisnis, Rabu (18/5/2022).

Dia menilai walaupun ada potensi perbaikan prospek makro ekonomi karena pelonggaran kebijakan terkait pandemi, risiko inflasi dan resesi juga akan berpengaruh terhadap pergerakan pasar.

Pinnacle lanjutnya akan fokus tetap konsisten dengan produk-produk unggulan dan memperlebar jalur distribusi dari sisi retail.

Lebih lanjut, dia menilai pelonggaran lanjutan terkait pandemi Covid-19 yang disampaikan pemerintah dapat menjadi katalis positif di tengah meningkatnya volatilitas pasar dalam sepekan terakhir.

"Dengan pelonggaran ini tentunya investor dan pasar berharap kegiatan ekonomi akan lebih aktif dan berangsur kembali ke era pra pandemi. Namun, investor juga tetap perlu waspada bahwa tingkat volatilitas pasar cukup tinggi," katanya.

Volatilitas tersebut terutama datang dari risiko inflasi dan ekspektasi The Fed akan menaikan tingkat suku bunga lebih agresif yang secara langsung berpengaruh pada pasar obligasi, pasar saham, maupun nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dolar as reksa dana investasi reksa dana Covid-19
Editor : Pandu Gumilar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top