Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IHSG Mulai Buka setelah Libur Lebaran, Intip Rekomendasi Saham BMRI hingga GOTO

Analis Samuel Sekuritas Indonesia merekomendasikan saham BMRI, FILM, AKRA dengan rating trading buy, GOTO dengan rating trading sell pada perdagangan saham perdana setelah libur Lebaran.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 09 Mei 2022  |  07:50 WIB
Acara pencatatan saham perdana PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. di Bursa Efek Indonesia, Senin (11/4 - 2022). Sumber: Youtube IDX
Acara pencatatan saham perdana PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. di Bursa Efek Indonesia, Senin (11/4 - 2022). Sumber: Youtube IDX

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal masih membentuk pola doji berkepanjangan. Perdagangan awal pekan pasca libur Lebaran masih bakal sideways, Senin (9/5/2022).

Analis Teknikal Samuel Sekuritas William Mamudi menjelaskan IHSG yang parkir pada level 7.228 sebelum libur Lebaran 2022 terus ditutup di atas angka psikologis 7.000.

"Uptrend line patah, berlanjut tutup gap 7,150. Candle doji-doji berkepanjangan terus terbentuk, memberi indikasi keraguan akan arah market," jelasnya dalam riset, Senin (9/5/2022).

Candlestick doji merupakan jenis candlestick yang menunjukkan harga pembukaan dan penutupan saham atau indeks berada pada tingkat yang sama. Umumnya pola doji tergambarkan dalam bentuk tubuh candle yang tipis dan ekor.

Bentuk candlestick ini bisa menyerupai salib (dragonfly doji), salib yang terbalik (gravestone doji), tanda plus (long-legged doji), bintang (doji star), atau bahkan hanya garis horizontal tipsi.

Kata Doji diambil dari Bahasa Jepang yang berarti blunder atau kesalahan, sebab ketika istilah ini pertama kali digunakan pada penjualan beras, jarang ada pembukaan dan penutupan harga pada level yang sama.

Candlestick jenis ini bisa menunjukkan tiga hal yaitu, penjual dan pembeli saham yang sama-sama kuat sehingga harga saham tidak naik atau turun, pembalikan trend harga atau penerusan trend harga sehingga harga saham tersebut naik di atas harga resistance atau turun di bawah garis support.

"Untuk hari ini Analis Teknikal menyukai saham BMRI, FILM, AKRA dengan rating trading buy, GOTO dengan rating trading sell," paparnya.

Adapun, rekomendasi saham BMRI karena terjadi gap up dan breakout triangle di level 8.400. Kini, BMRI menguji level 9.000 dan peluang kembali breakout.

BMRI berada pada level 8.950) mendapatkan rekomendasi buy dengan target price (TP) 9.300 dan cutloss (CL) 8.725.

Kemudian, FILM breakout resisten 1.230 dengan bullish marubozu. Antisipasi lanjut rally, dan uji level 1.400. FILM berada di level 1.325 mendapatkan rekomendasi buy dengan TP 1.475 dan CL 1.190.

Selanjutnya, ada AKRA breakout resisten 1.035 dengan bullish marubozu. Antisipasi lanjut rally, dan uji level 1.100. AKRA parkir di harga 1.070 mendapatkan rekomendasi buy dengan TP 1.140 dan CL 1.010.

Di sisi lain, saham GOTO uji downtrend line dengan hammer dan kembali tertekan. Waspada koreksi all-time low berlanjut. GOTO ada pada harga 272 mendapatkan rekomendasi sell dengan TP 256 dan cover 286.


Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG Indeks BEI rekomendasi saham Goto GoTo Gojek Tokopedia
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top