Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

The Fed Agresif Naikkan Suku Bunga, Siap-siap Saham Bank Tancap Gas?

Sektor saham perbankan digadang-gadang akan mendapatkan katalis positif dari keputusan The Fed mengerek suku bunga 50 basis poin.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 05 Mei 2022  |  09:50 WIB
Pengunjung beraktivitas di depan papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (23/2/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung beraktivitas di depan papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (23/2/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Salah satu sektor saham yang digadang-gadang akan mendapatkan katalis positif dari keputusan teranyar The Fed menaikkan suku bunga 50 basis poin yakni perbankan.

Associate Director of Investment and Research Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menjelaskan bahwa kenaikan tingkat suku bunga The Fed tidak dapat dihindari memantik kenaikan tingkat suku bunga Bank Indonesia. Kondisi itu menurutnya akan berujung kepada terkereknya NIM perbankan baik dari tingkat suku bunga kredit maupun deposito.

“Sektor perbankan tentu akan menjadi yang menerima sentimen tersebut,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (5/5/2022).

Sebelumnya, dilaporkan perbankan utama Amerika Serikat seperti JPMorgan Chase & Co, Wells Fargo Bank, dan Citibank telah menaikkan suku bunga terhitung efektif mulai Kamis (5/5/2022) waktu setempat.

Tiga bank utama Negeri Paman Sam itu mengerek suku bunga utama menjadi 4,0 persen. Dilansir dari Antara Kamis (5/5/2022), kebijakan itu ditempuh usai keputusan bank sentral Amerika Serikat, The Fed, menaikkan suku bunga 50 basis poin.

Dengan demikian, tiga bank utama itu menaikkan 50 basis poin suku bunga pinjaman dasar.

Kenaikan suku bunga 50 basis poin yang akhirnya ditempuh The Fed sejalan dengan konsensus analis dalam beberapa hari belakangan.

Akan tetapi, sejumlah pakar menyatakan bahwa kesesuaian tersebut tidak lantas menghapus potensi risiko yang ada. Termasuk kemungkinan dampaknya terhadap peluang resesi Negeri Paman Sam tahun depan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

saham perbankan Suku Bunga Kebijakan The Fed rekomendasi saham suku bunga acuan
Editor : M. Nurhadi Pratomo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top