Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mau Ekspansi, Merdeka Copper Gold (MDKA) Bakal Private Placement Lepas 2,29 Miliar Saham

PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA) akan melakukan private placement untuk penambahan modal usaha.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 05 Mei 2022  |  08:55 WIB
Petugas memantau operasi di tempat produksi Tambang Emas PT Bumi Suksesindo (BSI)anak usaha PT Merdeka Cooper Gold Tbk. (MDKA) di Gunung Tumpang Pitu, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (5/12/2019). - Antara Foto/ Budi Candra Setya.
Petugas memantau operasi di tempat produksi Tambang Emas PT Bumi Suksesindo (BSI)anak usaha PT Merdeka Cooper Gold Tbk. (MDKA) di Gunung Tumpang Pitu, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (5/12/2019). - Antara Foto/ Budi Candra Setya.

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam rangka mengembangkan kegiatan usaha, PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA) berencana melakukan Penambahan Modal Tanpa Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD/private placement) dengan melepas 2,29 miliar saham.

Emiten bersandi MDKA ini bermaksud untuk mengeluarkan sebanyak-banyaknya 2.290.485.081 lembar saham atau sebesar maksimum 10 persen dari jumlah seluruh modal ditempatkan dan disetor dalam Perseroan sebagai Saham Baru sesuai persetujuan Pemegang Saham dalam RUPSLB.

Adapun, saham baru yang akan diterbitkan dari saham portepel Perseroan memiliki nilai nominal Rp20 per saham.

“Melalui PMTHMETD, Perseroan diharapkan untuk mendapatkan alternatif sumber pendanaan untuk kepentingan Perseroan dan anak perusahaan Perseroan,” jelas manajemen MDKA dalam keterbukaan informasi, dikutip Kamis (5/5/2022).

Sesuai dengan ketentuan Pasal 8C POJK 14/2019, PMTHMETD akan dilakukan dalam jangka waktu 2 tahun sejak RUPSLB untuk PMTHMETD tersebut dilaksanakan. Pelaksanaan PMTHMETD akan tergantung dan tunduk pada serta akan dilakukan jika telah diperolehnya persetujuan dari RUPSLB Perseroan dengan mengacu kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

MDKA menjelaskan penerbitan Saham Baru dalam konteks PMTHMETD akan meningkatkan jumlah saham yang dikeluarkan Perseroan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan likuiditas perdagangan saham Perseroan.

Pelaksanaan PMTHMETD juga akan memberikan dana tambahan bagi Perseroan untuk mendukung pengembangan kegiatan usaha Perseroan dan anak perusahaan dan memperkuat struktur permodalan Perseroan. Manfaat tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan nilai tambah bagi para pemegang saham Perseroan.

Setelah pelaksanaan PMTHMETD menjadi efektif, persentase kepemilikan saham dari pemegang saham Perseroan saat ini akan mengalami penurunan (dilusi) sebesar maksimum 9,09 persen dengan asumsi proses PMHMETD II belum selesai dilaksanakan oleh Perseroan, dan maksimum 8,68 persen dengan asumsi proses PMHMETD II telah selesai.

“Setelah pelaksanaan PMTHMETD, total aset dan ekuitas MDKA dan anak perusahaan akan mengalami peningkatan masing-masing sebesar 65,9 persen dan 108,0 persen, yang bersumber dari dana yang diperoleh dari pelaksanaan PMTHMETD. Rasio total liabilitas terhadap total ekuitas pada tanggal 31 Desember 2021 juga membaik dari 0,6x sebelum PMTHMETD menjadi 0,3x setelah PMTHMETD,” jelas Perseroan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

private placement merdeka copper mdka pmthmetd
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top