Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kuartal I/2022, Champ Resto (ENAK) Catat Kenaikan Pendapatan 65 Persen

Penjualan restoran Gokana dan Raa Cha tercatat masih menjadi kontributor terbesar untuk perseroan.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 26 April 2022  |  19:34 WIB
Perusahaan pengelola jaringan restoran Gokana, Raa Cha, dan Monsieur Spoon, PT Champ Resto Indonesia Tbk. (ENAK) siap IPO di Bursa Efek Indonesia.
Perusahaan pengelola jaringan restoran Gokana, Raa Cha, dan Monsieur Spoon, PT Champ Resto Indonesia Tbk. (ENAK) siap IPO di Bursa Efek Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten pengelola restoran PT Champ Resto Indonesia Tbk. (ENAK) membukukan pendapatan sebesar Rp 268,2 miliar pada kuartal I/2022. Nilai tersebut meningkat sebesar 65 persen dibandingkan dengan kuartal I/2021 sebesar Rp 162,5 miliar.

Penjualan restoran Gokana dan Raa Cha tercatat masih menjadi kontributor terbesar untuk perseroan. Kedua merek ini masing-masing menyumbangkan 41 persen dan 40 persen dari total pendapatan.

Dengan memperhatikan tren per kuartal selama dua tahun terakhir, manajemen ENAK menyebutkan pendapatan pada Kuartal/2022 ini menjadi yang tertinggi dalam dua tahun terakhir. Pendapatan kuartal I/2022 bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan pendapatan kuartal I/2020 yang merupakan periode kuartal terakhir sebelum pandemi Covid-19.

“Seperti yang telah kami perkirakan, pendapatan pada kuartal I/2022 tumbuh sangat signifikan dibandingkan dengan kuartal I/2021 walaupun ada beberapa kebijakan PPKM yang diterapkan pemerintah. Hal ini disebabkan antara lain karena tingkat vaksinasi yang cukup tinggi, serta kesiapan pemerintah dan perseroan dalam menghadapi kebijakan PPKM akibat Covid-19,” kata Direktur Utama Champ Resto Indonesia Ali Gunawan Budiman dalam keterangan resmi, Selasa (26/04/2022).

Namun, dia menambahkan, kinerja pada kuartal I/2022 termasuk belum optimal. Mengingat terdapat ancaman varian Omicron yang memicu lonjakan kasus selama periode tersebut.

Perseroan juga mencatatkan perbaikan atas rasio keuangan, terutama rasio solvabilitas, dengan adanya listing pada 8 Februari 2022 lalu. Rasio debt-to-equity ENAK turun dari 3,2 kali per 31 Desember 2021 menjadi 0,8 kali per 31 Maret 2022. Ini mengindikasikan perbaikan di posisi neraca. 

“Kami optimistis akan mencapai target yang telah ditetapkan pada tahun ini dengan melihat pembukaan outlet yang sesuai dengan target, serta animo dan daya beli masyarakat yang membaik, di mana hal tersebut penting untuk pertumbuhan pendapatan perseroan ke depannya,” ujar Chief Operating Officer Champ Resto Indonesia Hade Mboi. 

Sejalan dengan itu, perseroan baru-baru ini membuka outlet pengembangan dari Monsieur Spoon, yakni Dewata by Monsieur Spoon pada 21 April 2022 di Sarinah. Pembukaan ini sejalan dengan langkah perseroan yang ingin membangun konsep baru, yaitu Indonesian fine foods.

“Konsep yang ditonjolkan yaitu Indonesian fine foods di mana kami menciptakan menu-menu kuliner Nusantara dengan bahan yang berkualitas, terjamin higienis, dan dengan presentasi yang menarik,” jelasnya. 

Hade menambahkan bahwa dalam waktu dekat ENAK akan melakukan pengembangan bisnis untuk Dewata by Monsieur Spoon. Namun, ekspansi baru akan dilakukan di wilayah Jakarta untuk saat ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten Champ Resto Indonesia ENAK
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top