Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengertian 1 Lot Saham, Pahami Rencana BEI yang Mau Ubah Satuannya

Penurunan jumlah saham dalam 1 lot bisa berdampak pada peningkatan jumlah frekuensi perdagangan di Bursa Efek Indonesia.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 22 Maret 2022  |  11:45 WIB
Pengertian 1 Lot Saham, Pahami Rencana BEI yang Mau Ubah Satuannya
Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Laksono Widodo. BEI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Rencana Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk menurunkan jumlah saham dalam hitungan satu lot masih bergulir. Perubahan ini diharapkan bisa mengakomodasi masuknya investor-investor baru.

Mari pahami apa sebenarnya satuan lot saham?

Lot atau round lot merupakan satuan yang dipakai dalam perdagangan saham di pasar modal. Perdagangan di pasar reguler maupun pasar tunai harus dalam satuan lot atau kelipatannya. Mengacu pada regulasi saat ini, 1 lot terdiri atas 100 saham.

Sebagai ilustrasi, jika saham A memiliki harga Rp100 per saham, maka modal minimal yang harus disiapkan investor untuk membelinya adalah Rp10.000 untuk memperoleh 1 lotnya.

Jika jumlah saham dalam satu lot diturunkan menjadi 50 atau 10, maka modal yang disiapkan investor menjadi lebih kecil untuk pembelian 1 lot. Yakni masing-masing Rp5.000 atau Rp1.000 untuk setiap lotnya.

Penurunan jumlah saham dalam 1 lot bisa berdampak pada peningkatan jumlah frekuensi perdagangan. Saat ini, BEI mencatat rata-rata transaksi harian mencapai 1,5 juta kali. Sementara itu, kapasitas mesin pencatatan perdagangan BEI sebesar 7,5 juta kali per hari.

“Ini sesuatu yang memang akan kami usulkan ke OJK. Karena [saat ini] 1 lot 100 lembar, kalau kita buat 1 lot 10 lembar atau 1 lembar akan membuat pasar makin terjangkau, terutama bagi pemodal-pemodal yang kantongnya relatif masih kecil seperti pelajar dan pemula,” kata Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono W. Widodo pada webinar LPPI pekan lalu.

Penyesuaian jumlah saham salam 1 lot bukan kali pertama dilakukan di pasar modal Indonesia. Pada 2014 silam, BEI juga melakukan perubahan satuan lot saham dari 500 lembar menjadi 100 lembar saham. Dengan perubahan tersebut, maksimum volume order di pasar reguler dan pasar tunai berubah dari 10.000 menjadi 50.000 lot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa efek indonesia investor saham perubahan lot saham
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top