Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampak Perang Rusia-Ukraina, Kalbe (KLBF) Target Margin Laba Usaha Maksimal 15,5 Persen

Kalbe (KLBF) telah meningkatkan persediaan bahan baku maupun bahan baku kemasan sehingga ketahanan mencapai 4 bulan.
Kantor PT Kalbe Farma Tbk./kalbe
Kantor PT Kalbe Farma Tbk./kalbe

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) memastikan ketersediaan produk untuk masyarakat tetap aman, di tengah risiko disrupsi pasokan bahan baku global dan dampak dari konflik geopolitik antara Ukraina dan Rusia.

Krisis Ukraina diperkirakan meningkatkan gangguan rantai pasokan, padahal krisis pasokan global masih terjadi akibat pandemi yang berlangsung.

Menghadapi tantangan ini, Kalbe telah meningkatkan persediaan bahan baku maupun bahan baku kemasan sehingga ketahanan mencapai 4 bulan.

“Dengan timbulnya krisis geopolitik Ukraina, Kalbe akan terus memonitor kondisi pasar dan tren harga bahan baku dan kemasan untuk mengantisipasi gejolak pasokan agar dapat menjamin ketersediaan produk di masyarakat,” kata Direktur KLBF Bernadus Karmin Winata dalam keterbukaan informasi yang dikutip Rabu (3/3/2022).

Dia juga mengemukakan bahwa Kalbe telah menaikkan secara bertahap persediaan bahan baku untuk menjamin ketersediaan produk.

Dengan demikian, apabila terjadi kenaikan harga bahan baku yang signifikan dibandingkan dengan ekspektasi perusahaan, maka Kalbe akan mempertimbangkan kenaikan harga produk secara bijak dan selektif, tetapi tidak memberatkan konsumen.

Menurutnya, melalui kombinasi strategi product mix, efisiensi biaya operasional dan kenaikan harga, perusahaan tetap mentargetkan operating profit margin yang stabil di kisaran 14,5–15,5 persen untuk 2022. 

“Kalbe tetap berkomitmen untuk mencapai target pertumbuhan penjualan dan laba 2022 di kisaran 11 sampai 15 persen,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper