Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Chairul Tanjung dengan Bukalapak (BUKA) Patungan Rp1 Triliun di Allofresh?

Chairul Tanjung kerja sama dengan Bukalapak (BUKA) dan Growtheum Capital Partners meluncurkan AlloFresh.
Ultimate Shareholder PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) Chairul Tanjung memberikan keterangan pers usai rights issue Allo Bank di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (11/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Ultimate Shareholder PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) Chairul Tanjung memberikan keterangan pers usai rights issue Allo Bank di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (11/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Chairul Tanjung melalui Trans Retail Indonesia kerja sama dengan Bukalapak dan Growtheum Capital Partners meluncurkan AlloFresh.

Sebagai informasi, AlloFresh akan memulai bisnisnya dengan pendanaan awal sebesar Rp 1 triliun. Chairul Tanjung, Chairman CT Corp mengatakan sebagai peritel modern Grup Trans akan selalu memberikan harga terbaik dan pengalaman berkualitas kepada pelanggan.

“Kami terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan dan menjadi yang terdepan dalam menyediakan pengalaman omnichannel serta offline dan online untuk pembeli kami,” katanya dalam keterangan resmi Selasa (1/2/2022).

Menurutnya kemitraan dengan pemain teknologi yang sudah memiliki pemahaman mendalam tentang perilaku pengguna daring serta dengan investor keuangan yang mengenal pasar secara dekat membuatnya optimistis. Terutama karena sebagian besar pasar akan bergerak secara online selama beberapa dekade ke depan.

Bouzeneth Benaouda, President Director & CEO PT Trans Retail Indonesia, menambahkan sinergi operasional dan keuangan antara Trans Retail Indonesia, Bukalapak, dan Growtheum sangat menarik karena adanya kombinasi keahlian yang melekat pada masing-masing pihak mulai dari sumber, distribusi, teknologi, dan keuangan untuk menjadi pemimpin di segmen pengiriman barang kebutuhan sehari-hari.

“Kami optimistis bahwa hal ini akan meningkatkan pengalaman para pengguna kami dan membantu kami menghadirkan produk-produk berkualitas dengan nilai yang baik. AlloFresh akan menjadi satu-satunya tempat untuk mengakses rangkaian produk dari berbagai merek dan label tersendiri di Indonesia hanya dengan klik,” katanya.

Sementara itu, Willix Halim, Direktur Utama PT. Bukalapak.com Tbk. (BUKA) juga menyambut baik kemitraan dengan Grup Trans. Menurutnya, kolaborasi ini juga akan semakin meningkatkan kepemimpinan Bukalapak di platform online to offline (O2O) dan memperluas titik kontak bagi pelanggan yang lebih luas.

Selain itu, Inisiatif ini juga akan memperlebar jangkauan Bukalapak ke ekosistem ritel sebagai bagian dari ekspansi perusahaan dari platform umum ke platform khusus. “Kami antusias untuk bekerjasama dengan Trans Retail Indonesia dan Growtheum untuk menyediakan layanan berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia”, tambahnya.

Adapun, Howard Gani, CEO Mitra Bukalapak, menambahkan kebiasaan pelanggan terus berubah dan perseroan perlu mengembangkan bisnis untuk memenuhi kebutuhan baru.

“Kami ingin mendefinisikan kembali kategori ini dan menjadi pionir di bidang ini – seperti yang kami lakukan dengan Mitra Bukalapak. AlloFresh memiliki posisi yang baik untuk menjadi yang terdepan dalam memenuhi kebutuhan belanja barang sehari-hari di masa mendatang. Kami memiliki model unik dengan mitra luar biasa yang mengetahui pasar retail makanan lebih baik dari siapapun,” katanya.

Howard optimistis dengan pengalaman dan pengetahuan di bidang teknologi, dapat membuka pasar yang besar dan membuat terobosan besar.

Amit Kunal, Managing Partner Growtheum Capital Partners menyatakan kemitraan ini menyatukan peritel offline terbesar untuk bahan makanan dan barang kebutuhan sehari-hari di Indonesia dengan pemimpin di sektor teknologi all-commerce. Dengan begitu bisa membangun platform online guna memenuhi kebutuhan yang akan sangat berkembang di segmen ini.

Bisnis ini akan berfokus pada pertumbuhan yang signifikan dan memprioritaskan langkah finansial yang bijak serta profitabilitas, yang telah dicapai Growtheum melalui investasi platform lainnya terdahulu”, tutup Amit.

Sebagai informasi, AlloFresh menawarkan lebih dari 150.000 stock keeping unit (SKU) dari sekitar 10.000 pemasok dengan pengiriman cepat dalam waktu 3 jam serta layanan quick commerce.

Lalu dengan opsi pengiriman 30 menit di seluruh Indonesia. Trans Retail Indonesia memiliki rangkaian produk yang luas dan hubungan lebih dari 25 tahun dengan pemasok dan produsen produk makanan dan rumah tangga paling populer di Indonesia.

Dikombinasikan dengan kekuatan teknologi Bukalapak, pelanggan AlloFresh dapat dengan mudah melakukan pemesanan baik melalui aplikasi/website online maupun melalui fitur “Click & Go” di toko-toko TRANSMart di seluruh Indonesia. AlloFresh akan menjamin kualitas dan kesegaran produknya dengan harga terbaik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper