Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Agung Sedayu Group: Pratama Abadi (PANI) Mau Rights Issue 96,97 Persen Saham

PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk. (PANI) bermaksud untuk menerbitkan sebanyak-banyaknya 13,12 miliar saham baru.
Ashta District 8 merupakan salah satu properti milik Agung Sedayu Group/Agungsedayu.comrn
Ashta District 8 merupakan salah satu properti milik Agung Sedayu Group/Agungsedayu.comrn

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten produsen kaleng Agung Sedayu Group, PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk. (PANI) bakal melaksanakan rights issue sebanyak-banyaknya 13,12 miliar saham baru. Dananya akan digunakan untuk mengakuisisi bisnis grup di bidang properti.

Rights issue atau penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) tersebut akan didahului dengan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 28 Maret 2022.

"Perseroan bermaksud untuk menerbitkan sebanyak-banyaknya 13.120.000.000 saham baru atau mewakili 96,97 persen, yang nilai nominalnya sebesar Rp100 setiap saham yang berasal dari portepel," urai keterbukaan informasi PANI, Kamis (17/2/2022).

Adapun, dana yang dihimpun dari rights issue tersebut akan digunakan untuk melakukan investasi dan pengembangan bisnis melalui pengambilalihan saham baru sebanyak 51 persen perusahaan terafiliasi di bidang usaha real estate yaitu PT Bangun Kosambi Sukses (BKS).

Estimasi besaran nilai akuisisi tersebut sebesar Rp6,49 triliun. Selanjutnya, BKS akan melakukan investasi dengan akuisisi saham baru sebanyak 51 persen perusahaan terafiliasi PT Mega Andalan Sukses (MAS) dan PT Cahaya Gemilang Indah Cemerlang (CGIC).

"Dengan dilaksanakannya PMHMETD I, maka pemegang saham Perseroan yang tidak melaksanakan haknya akan mengalami penurunan persentase kepemilikan sahamnya (dilusi) sampai dengan sebanyak-banyaknya sebesar 96,97 persen," terangnya.

Tujuan dari rencana rights issue ini sebagai modal investasi dan pengembangan bisnis pada perusahaan real estat, sehingga perseroan akan memperoleh sumber pendapatan lainnya mendukung pertumbuhan pendapatan, profitabilitas dan prospek usaha ke depannya.

Adapun, jadwal rights issue PANI sebagai berikut:

  1. Pemberitahuan mata acara RUPSLB kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bursa Efek Indonesia (BEI), Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan Biro Administrasi Efek: 10 Februari 2022
  2. Pengumuman RUPSLB pada situs web KSEI, situs web BEI dan situs web Perseroan: 17 Februari 2022
  3. Pengumuman keterbukaan informasi sehubungan dengan rencana PMHMETD I dan keterbukaan informasi atas transaksi material dan perubahan kegiatan usaha serta transaksi afiliasi melalui situs web BEI dan situs web Perseroan: 17 Februari 2022
  4. Penutupan pencatatan dalam Daftar Pemegang Saham (Recording Date): 2 Maret 2022
  5. Pemanggilan RUPSLB pada situs web KSEI, situs web BEI dan situs web Perseroan: 4 Maret 2022
  6. Penyelenggaraan RUPSLB: 28 Maret 2022
  7. Pengumuman hasil RUPSLB pada situs web KSEI, situs web BEI dan situs web Perseroan: 30 Maret 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper