Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Chairman Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan. - Bisnis / Nurul Hidayat
Lihat Foto
Premium

Sepak Terjang Aguan, Bos Agung Sedayu Group yang Caplok Saham PANI

Dokumen yang diungkapkan oleh PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk. (PANI) atas pengendali terakhir entitas yang mengakuisisi mereka menunjukkan nama bos besar Agung Sedayu Sugianto Kusuma alias Aguan dan Susanto Kusumo di belakangnya. Kedua konglomat ini bermitra dengan petinggi Grup Salim.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
19 Oktober 2021 | 13:51 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Harga saham PT Pratama Abadi Nusa Tbk. (PANI) tidak lagi bergerak pada perdagangan hari ini, Selasa (19/10/2021) setelah kemarin menyentuh batas auto reject atas (ARA). Ditutup pada level Rp1.175 per saham, saham PANI kembali di suspen oleh Bursa Efek Indonesia. Alasannya, investor diminta mencermati informasi yang ada karena emiten pembuat kaleng ini telah menguat 135 persen hanya dalam kurun sepekan terakhir.

Penguatan saham PANI, terjadi seiring aksi akuisisi saham mayoritas perseroan oleh PT Multi Artha Pratama (MAP). Perusahaan yang dimiliki langsung oleh konglomerasi Agung Sedayu Group (ASG) dan dengan entitas PT Tunas Mekar Jaya. Koneksi inilah yang kemudian memunculkan desas-desus rencana backdoor listing ASG via PANI.

Berstatus salah satu raksasa di bisnis properti dalam negeri, ASG sudah barang tentu bukan nama asing. Dan, ketika sudah bicara soal perusahaan yang satu ini, tidak lengkap rasanya bila tidak sekaligus menyinggung sosok Sugianto Kusuma alias Aguan.

Keterbukaan PANI menunjukkan PT Agung Sedayu terdiri dari dua entitas yakni 50 persen dimiliki oleh Susanto Kusumo dan Steven Kusumo melalui PT Cahaya Bintang Sejahtera (CBS). Susanto memiliki 99,61 persen CBS.

Sedangkan Aguan dengan keluarganya melalui PT Cahaya Kusuma Abadi Sejahtera (CKAS) menggenggam kepemilikan 50 persen. Perinciannya, sang putri Luvena Katherine Halim, serta putra Richard Halim Kusuma, Alexander Halim Kusuma dan Aguan sendiri masing-masing memiliki 25 persen dari CKAS.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top