Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLTGU Riau 275 MW Milik Medco Power Mulai Beroperasi

Medco Grup (MEDC) mulai mengoperasikan PLTGU Riau berkapasitas 275 MW dengan nilai investasi sekitar Rp4,1 triliun.
Medco Power
Medco Power

Bisnis.com, JAKARTA – PT Medco Power Indonesia (Medco Power) melalui anak perusahaan, PT Medco Ratch Power Riau, perusahaan patungan dengan RATCH Group Public Company Limited memulai operasi komersial Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Riau dengan kapasitas 275 MW. PLTGU ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional.

Sistem PLTGU ini telah tersambung dengan sistem kelistrikan Sumatera dan akan memperkuat ketahanan listrik serta menurunkan intensitas emisi gas rumah kaca, khususnya di Provinsi Riau dan Sumatera Bagian Tengah.

PLTGU Riau merupakan pembangkit gas combined cycle (siklus gas kombinasi) berbasis teknologi terkini yang memiliki efisiensi tinggi dan memenuhi standar internasional untuk manajemen kualitas lingkungan.

Proyek ini menelan biaya investasi sebesar US$290 juta (sekitar Rp4,13 triliun). Pendanaan proyek ini bekerja sama dengan beberapa institusi keuangan internasional seperti Asian Development Bank, International Finance Corporation, MUFG Bank, dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation.

Presiden Direktur Medco Power, Eka Satria mengatakan penyelesaian proyek PLTGU Riau menunjukkan komitmen Medco Power mendukung Pemerintah Indonesia dalam program pengembangan sosial dan ekonomi, serta mengembangkan portofolio bisnis Gas to Power.

"Saya juga bangga dengan tim proyek yang dapat menyelesaikan proyek penting ini dengan sukses dan aman, PLTGU Riau telah membukukan 8,6 juta safe man hours,” paparnya dikutip dari keterangan pers dari Medco Power Indonesia.

Sementara itu, Roberto Lorato, CEO Medco Energy mengungkapkan PLTGU Riau telah mencapai operasi komersial dengan aman dan mengatasi tantangan Covid-19.

"PLTGU Riau merupakan bagian dari strategi kami dalam mengembangkan portfolio rendah karbon dan mencapai emisi Net Zero untuk Scope 1 dan Scope 2 pada 2050 serta Scope 3 pada 2060, untuk mendukung program transisi energi Pemerintah Indonesia,” jelasnya.

PLTGU Riau juga telah mendapatkan penghargaan untuk kategori Proyek Pembangkit Gas dan Proyek Pembangkit Gas Alam dari Asia Power magazine.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper