Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Medco (MEDC) Targetkan Jadi Pemasok Gas Utama Ke Singapura

Akuisisi CIHL akan memperkuat keuangan Medco dengan pertimbangan menjadikan perseroan sebagai pemasok gas pipa utama ke Singapura.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 19 Januari 2022  |  21:27 WIB
Medco (MEDC) Targetkan Jadi Pemasok Gas Utama Ke Singapura
Pembangkit listrik tenaga panas bumi Sarulla, Sumatra Utara. Pembangkit berkapasitas 3x110 megawatt ini dikelola Medco Power Indonesia bersama Inpex, Itochu, Ormat and Kyushu Electric. - Medco Power
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) berambisi menjadi pemasok gas utama ke Singapura setelah transaksi saham akuisisi Conoco Phillips.

MEDC akan mengambil alih saham ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd. (CIHL) melalui Medco Energi Global Pte. Ltd (MEG). Perseroan akan mengakuisisi 12.000 saham, CIHL dengan nilai US$1 per saham.

Manajemen MEDC menegaskan akuisisi merupakan bagian dari strategi usaha perseroan untuk meningkatkan nilai perusahaan dan terus berfokus pada integrasi yang efektif. Emiten energi itu melihat potensi yang ada pada CIHL karena memiliki potensi pertumbuhan di masa depan.

“Dengan pengambilalihan ini, maka akan memperkuat keuangan perseroan dengan pertimbangan menjadikan perseroan sebagai pemasok gas pipa utama ke Singapura,” tulis manajemen pada Rabu (19/1/2022).

Selain itu, produksi MEDC akan menjadi 78 persen gas setelah akuisisi dengan portfolio gas harga tetap yang lebih besar. Akuisisi, lanjut manajemen, akan menghasilkan pertumbuhan nilai secara bertahap dan credit positive, serta ruang lingkup sinergi yang meningkat secara signifikan.

Sebelumnya, Hilmi Panigoro, Direktur Utama Medco Energi mengatakan transaksi ini melanjutkan rekam jejak perseroan dalam memberikan nilai tambah melalui akuisisi dan sesuai dengan strategi Perubahan Iklim.

Akuisisi ini akan semakin memperkuat posisi MedcoEnergi di Asia Tenggara dan akan menghasilkan sinergi yang kuat dengan wilayah kerja di Sumatra.

Dia menyebut akuisisi Corridor sesuai dengan strategi perseroan yakni memiliki dan mengembangkan aset berkualitas tinggi serta menghasilkan arus kas positif.

"Untuk seluruh operasi, kami berkomitmen untuk tetap menjaga standar keselamatan kerja yang tinggi, pelestarian lingkungan dan tanggung jawab sosial," katanya.

Hilmi menambahkan akuisisi ini akan memperkuat posisi MedcoEnergi sebagai perusahaan energi dan sumber daya alam independen terkemuka di Indonesia dan memperkuat komitmen perseroan dalam pembangunan nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

medco akuisisi singapura medco energi internasional
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top