Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Alasan Global Bond Indonesia Akan Tetap Laris Tahun Depan

Investor asing diperkirakan masih akan mencari instrumen global bonds Indonesia pada tahun depan.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  12:05 WIB
ilustrasi obligasi
ilustrasi obligasi

Bisnis.com, JAKARTA - Rekam jejak yang baik dan stabilnya peringkat utang akan menjadi katalis positif di mata investor asing terhadap penerbitan global bond Indonesia pada 2022.

Associate Director Fixed Income Anugerah Sekuritas Ramdhan Ario Maruto mengatakan investor asing masih akan mencari instrumen global bond Indonesia pada tahun depan.

Ia menjelaskan, tingginya minat investor pada tahun ini seiring dengan tren suku bunga rendah yang berlaku di pasar global. Selain itu, tingkat likuiditas global juga masih melimpah karena berasal dari dana-dana para investor yang belum dialokasikan pada sebuah instrumen (idle money) seiring dengan ketidakpastian global yang masih terjadi.

“Kepercayaan investor asing terhadap instrumen yang dikeluarkan Indonesia juga sangat baik, sehingga global bond yang ditawarkan kebanyakan melebihi target awal,” ujarnya saat dihubungi pada Kamis (30/12/2021).

Ramdhan melanjutkan, pada tahun depan, minat investor asing terhadap obligasi global Indonesia akan tetap tinggi. Ia memaparkan, salah satu sentimen positif yang mendukung outlook ini adalah tren historis pemerintah yang cukup baik.

Sejak menerbitkan obligasi dan sukuk global, Indonesia belum pernah mencatatkan gagal bayar (default).

“Hal ini membuat investor yakin terhadap prospek sukuk global ataupun obligasi global yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, minat investor juga ditopang oleh pasar obligasi Indonesia yang mampu bertahan ditengah guncangan pandemi virus corona.

Dengan potensi pemulihan ekonomi yang positif pada 2022 dan kuatnya daya tahan investor domestik, Ramdhan memprediksi kondisi pasar obligasi Indonesia akan tetap kondusif meski dibayangi potensi kenaikan suku bunga The Fed.

“Sepanjang tahun 2021, yield SUN kita cenderung menguat di saat negara-negara lain melemah. Ini akan semakin meningkatkan daya tarik global bond pemerintah Indonesia,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi global bond Obligasi Pemerintah utang luar negeri
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top