Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Minyak Berisiko Turun, Namun Masih Ada Pendorong

Pada penutupan perdagangan Jumat (10/12/2021) harga minyak West Texas Intermediate (WTI) naik 0,73 poin atau 1,03 persen ke US$71,67 per barel.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 12 Desember 2021  |  19:56 WIB
Kilang minyak lepas pantai di Skotlandia - Bloomberg/Jason Alden
Kilang minyak lepas pantai di Skotlandia - Bloomberg/Jason Alden

Bisnis.com, JAKARTA — Harga minyak mentah berpotensi bergerak turun lantaran ada risiko penurunan permintaan bahan bakar dengan adanya rencana pembatasan kembali di sejumlah negara.

Pada penutupan perdagangan Jumat (10/12/2021) harga minyak West Texas Intermediate (WTI) naik 0,73 poin atau 1,03 persen ke US$71,67 per barel. Senada, harga minyak Brent naik 0,73 poin atau 0,98 persen ke US$75,15 per barel.

Tim Riset Monex Investindo Futures (MIFX) mengatakan harga minyak berpeluang bergerak turun dibalik kekhawatiran perlambatan permintaan bahan bakar dibalik pelaksanaan pembatasan aktivitas sejumlah negara serta menguatnya dolar AS.

Namun, masih ada pendukung pergerakan harga minyak, AS dan Israel berupaya meningkatkan tekanan terhadap Iran melalui agenda latihan militer bersama yang menargetkan fasilitas nuklir Iran pasca negosiasi nuklir tidak menunjukkan tanda-tanda kemajuan.

Di saat yang sama, juru bicara Departemen Luar Negeri AS pada hari Kamis mengatakan akan mengirimkan delegasi senior ke Uni Emirat Arab minggu depan untuk membahas upaya pemberian sanksi ekonomi yang lebih berat pada Iran.

Perkembangan situasi tersebut mengindikasikan berkurangnya potensi tambahan pasokan minyak dan bisa mendorong harga minyak.

"Minyak berpeluang dijual selama bergerak di bawah level resistance US$71,50 karena berpotensi bergerak turun menguji support di US$70,50," tulisnya dalam riset harian, Jumat (10/12/2021).

Namun, jika bergerak naik hingga menembus ke atas level US$71,50, minyak berpeluang dibeli karena berpotensi naik lebih lanjut membidik resistance di US$72,20 per barel.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dolar as harga minyak mentah harga minyak mentah wti
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top