Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bitcoin Cs. Menguat Lagi, Kapitalisasi Aset Kripto Kembali Sentuh US$3 Triliun

Koin yang meraup kapitalisasi pasar terbesar selama sepekan adalah Binance Coin dan Solana yang kapitalisasi pasarnya tumbuh lebih dari 20 persen.
Ilustrasi token aset mata uang kripto/Freepik
Ilustrasi token aset mata uang kripto/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Kapitalisasi pasar untuk perdagangan aset kripto secara keseluruhan pada Senin (8/11/2021) kembali menembus US$3 triliun seiring dengan kenaikan harga Bitcoin dan sejumlah aset lainnya.

Berdasarkan data CoinGecko, koin yang meraup kapitalisasi pasar terbesar selama sepekan adalah Binance Coin dan Solana yang kapitalisasi pasarnya tumbuh lebih dari 20 persen.

Untuk harga koin-koin besar, Bitcoin berhasil naik 5,5 persen ke US$66.339, mendekati rekor terakhirnya di US$67.000. Kemudian, Ethereum juga naik 3 persen ke US$4.768.

Memang kenyataannya aset kripto bergerak sangat volaitil. Terakhir kali Bitcoin menyentuh level saat ini, harganya kemudian anjlok ribuan dolar dan mengalami sejumlah koreksi yang dan memangkas separuh harganya. Koin lainnya lebih parah, seperti memecoin yang naik turun berulang kali.

Pasar kripto juga telah meningkat empat kali lipat dibandingkan dengan nilainya pada akhir 2020 lantaran investor sudah mulai nyaman dengan token yang sudah mapan seperti Ethereum dan Solana, sehingga meningkatkan ketertarikan kedua koin tersebut untuk diberikan fungsi-fungsi lain.

Ketertarikan dari kemungkinan koin untuk desentralisasi keuangan dan non-tangible (tidak dapat ditukarkan) juga meningkat seperti memecoin, Dogecoin, dan Shiba Inu yang beberapa hari terakhir menarik perhatian.

“Reli Bitcoin saat ini didorong oleh debut Bitcoin sebagai ETF di AS dan hasil cuitan polling Elon Musk pada akhir pekan kemarin,” ungkap Ben Caselin, Kepala Riset dan Strategi AAX, dilansir Bloomberg, Senin (8/11/2021).

Sementara itu, Caselin melanjutkan, perhatian pada Shiba Inu dan koin meme lainnya juga meningkat. Bahkan dari Facebook yang melakukan rebranding menjadi Meta turut mendukung pertumbuhan altcoin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper