Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AKRA Sebut Proyek KEK JIIPE Bakal Tambah Laba Perusahaan

Proyek kawasan ekonomi khusus (KEK) JIIPE di Gresik, Jawa Timur, akan menambah laba bruto AKRA hingga 35 persen.
Annisa Saumi
Annisa Saumi - Bisnis.com 04 November 2021  |  17:22 WIB
AKRA Sebut Proyek KEK JIIPE Bakal Tambah Laba Perusahaan
Entitas anak PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA) pengelola KEK JIIPE, PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), dan PT Freeport Indonesia (PTFI) menandatangani perjanjian sewa tanah jangka panjang. - AKRA.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA) optimistis proyek kawasan ekonomi khusus (KEK) JIIPE di Gresik, Jawa Timur, akan menambah tebal kantong perusahaan.

Direktur AKR Corporindo Suresh Vembu mengatakan, apabila pihaknya memonetisasi proyek lahan ini, maka laba bruto perseroan bisa naik 30-35 persen dalam waktu tiga hingga empat tahun ke depan.

"Asumsinya, kalau bisa jual lahan 40-50 hektar, bisa dapat proyek besar atau sedang yang butuh banyak investasi dan utilitas, kita yakin proyek JIIPE bisa kontribusi 30 persen-35 persen ke laba bruto AKR," kata Suresh, Kamis (4/11/2021).

Dia melanjutkan, saat ini pihaknya tengah membidik investor yang membutuhkan lahan besar, membutuhkan akses ke pelabuhan, serta membutuhkan banyak air dan listrik. Menurutnya, hal ini menjadi kunci AKR bersama Pelindo membangun recurring income dari JIIPE.

Untuk saat ini, pihaknya akan fokus di industri berat seperti kimia, industri metal, atau smelter. Selain itu, kata dia, saat ini ada 16 proyek yang sudah jalan di JIIPE yang berupa medium to heavy industry.

"Kita enggak cari investor yang butuh banyak tenaga kerja seperti sepatu atau tekstil, mereka enggak butuh banyak pelabuhan. Kita fokus ke heavy industries, itu jadi satu kunci," ucapnya.

Adapun saat ini, beberapa calon pembeli lahan JIIPE menurut Suresh akan berkunjung ke Indonesia di November-Desember 2021.

"AKRA akan menyambut calon investor dari Jepang, Korea, China, nanti di 2022 kita bisa finalisasi kontrak itu," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jiipe Kinerja Emiten akr corporindo kawasan ekonomi khusus
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top