Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gencar Ekspansi, Widodo Makmur Perkasa Akan Gelontorkan Capex Rp10,9 Triliun hingga 2025

Direktur Utama Widodo Makmur Perkasa Tumiyana menjelaskan, perusahaan telah menyiapkan rencana ekspansi selama lima tahun ke depan.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 28 Oktober 2021  |  20:39 WIB
Manajemen Widodo Makmur Perkasa Holding dan Manajemen Fuji Electric berpose usai meneken kesepakatan awla kerja sama pembangunan pabrik pakan Ngawi di Jakarta, (8/7/2020). - widodomakmur
Manajemen Widodo Makmur Perkasa Holding dan Manajemen Fuji Electric berpose usai meneken kesepakatan awla kerja sama pembangunan pabrik pakan Ngawi di Jakarta, (8/7/2020). - widodomakmur

Bisnis.com, JAKARTA - PT Widodo Makmur Perkasa atau WMP telah menyiapkan langkah ekspansif untuk beberapa tahun mendatang. Anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp10,9 triliun telah disiapkan untuk mendanai langkah-langkah perusahaan.

Direktur Utama Widodo Makmur Perkasa Tumiyana menjelaskan, perusahaan telah menyiapkan rencana ekspansi selama lima tahun ke depan. Langkah-langkah tersebut mencakup seluruh lini bisnis perusahaan, yaitu peternakan sapi terintegrasi, pengolahan makanan berbasis daging, peternakan ayam terintegrasi, komoditas pertanian, serta konstruksi dan energi terbarukan.

Perusahaan optimistis langkah tersebut akan berimbas pada kinerja positif perusahaan. Dalam rentang 2020 hingga 2025 mendatang, Tumiyana memprediksi rata-rata pertumbuhan bottom line WMP di sekitar 59 persen.

Seiring dengan hal tersebut, perusahaan telah menyiapkan dana belanja modal senilai Rp10,9 triliun hingga 2025 mendatang. Menurut Tumiyana, rata-rata capex WMP hingga 2025 mendatang adalah sebesar Rp1,6 triliun hingga Rp1,8 triliun per tahunnya.

“Belanja modal adalah cara meningkatkan penerimaaan, karena tanpa ada peningkatan produksi maka target perusahaan tidak dapat tercapai,”ujarnya dalam konferensi pers Penawaran Umum Perdana Saham Widodo Makmur Perkasa, Kamis (28/10/2021).

Ia melanjutkan, salah satu sumber pendanaan belanja modal tersebut berasal dari rencana IPO perusahaan yang tengah disiapkan. Selain itu, sebagian porsi kas internal WMP juga akan dialokasikan bila dapat memenuhi target pertumbuhan kinerja tahunan.

“Selain itu, dana capex juga kami pertimbangkan dari penerbitan obligasi,” lanjutnya.

Sementara itu, perusahaan juga telah melaksanakan sejumlah langkah ekspansi yang telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Salah satu ekspansi tersebut adalah pembangunan pabrik pakan ternak di Ngawi, Jawa Timur yang ditargetkan rampung pada semester I/2022 mendatang.

Selain itu, perusahaan juga tengah merampungkan pembangunan peternakan ayam pedaging (broiler) di Wonogiri, Jawa Tengah dengan kapasitas 2,4 juta ekor ayam. Perusahaan menargetkan proyek ini sudah dapat beroperasi penuh pada paruh pertama tahun 2022.

Kemudian, Induk usaha PT Widodo Makmur Unggas Tbk (WMUU) ini juga meningkatkan kapasitasnya di lini bisnis peternakan sapi. Perluasan kandang sapi di Cianjur, Jawa Barat saat ini tengah berlangsung yang akan memperbesar kapasitasnya dari 172 ribu ekor per tahun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja modal calon emiten Widodo Makmur Perkasa
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top