Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Catur Sentosa (CSAP) Kejar Pendapatan Tumbuh 10 Persen pada 2021

CSAP yakin dengan masih tingginya kebutuhan akan rumah tinggal dan renovasi, akan tetap mendorong tumbuhnya pendapatan perseroan.
Annisa Saumi
Annisa Saumi - Bisnis.com 20 Oktober 2021  |  13:23 WIB
Pengunjung berbelanja di Mitra10 Pesanggrahan, Jakarta, Kamis (25/5/2018)./JIBI/Bisnis - Abdullah Azzam
Pengunjung berbelanja di Mitra10 Pesanggrahan, Jakarta, Kamis (25/5/2018)./JIBI/Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten pengelola gerai Mitra10, PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (CSAP) optimistis pertumbuhan pendapatan perseroan mampu mencapai target sekitar 10 persen tahun ini.

Corporate Secretary CSAP Idrus Widjajakusuma mengatakan, di awal tahun 2021, Catur Sentosa Grup menargetkan pertumbuhan konsolidasi kurang lebih sebesar 10 persen, dengan segmen retail ditargetkan tumbuh sebesar 15 persen.

"Manajemen yakin dengan masih tingginya kebutuhan akan rumah tinggal dan renovasi, akan tetap mendorong tumbuhnya pendapatan perseroan," ujar Idrus dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (20/10/2021).

Dia melanjutkan, keyakinan tersebut terbukti dengan kinerja CSAP pada semester I/2021 yang membukukan pendapatan konsolidasi mencapai Rp6,7 triliun atau tumbuh 16 persen dibanding dengan periode yang sama tahun 2020 sebesar Rp5,8 triliun.

Selain itu, gross profit margin juga mengalami pertumbuhan margin dari 16,16 persen, naik menjadi 16,46 persen. Opex ratio mengalami penurunan menjadi 13,91 persen pada semester I.2021 dari 14,37 persen pada semester I/2020.

Segmen ritel modern seperti bahan bangunan, home improvement dan home furnishing yang bersumber dari jejaring ritel modern Mitra10 dan Atria, membukukan pendapatan sebesar Rp2,4 triliun, tumbuh 13 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni Rp2,1 triliun. Segmen ini berkontribusi sebesar 36 persen terhadap penjualan konsolidasi perseroan.

Adapun segmen lainnya, yakni distribusi bahan bangunan, kimia, dan FMCG pada semester I/2021 membukukan pendapatan sebesar Rp4,4 triliun, tumbuh 18 persen secara year on year, dari Rp3,8 triliun. Segmen ini berkontribusi sebesar 64 persen atas penjualan konsolidasi CSAP.

"Kinerja kedua segmen tersebut berhasil tumbuh positif di enam bulan pertama meski tekanan pandemi dan pembatasan kegiatan masih terasa baik secara global maupun nasional," ucapnya.

Seiring dengan itu, ratio EBITDA juga mengalami pertumbuhan dari 4,40 persen ke 5,03 persen. Pertumbuhan angka penjualan secara konsolidasi tersebut mengangkat kinerja laba perseroan.

CSAP membukukan lonjakan laba bersih sebesar 153 persen pada semester I/2021, menjadi Rp79 miliar dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yakni Rp31 miliar.

CSAP pun meyakini besarnya kebutuhan dan minat pemilik properti untuk melakukan pemeliharaan atau renovasi berkala, maupun mempercantik hunian, serta membaiknya penanganan Covid-19 termasuk program vaksinasi, menjadi salah-satu katalis positif pertumbuhan kinerja bagi perseroan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten catur sentosa adiprana emiten ritel
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top