Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pefindo Pertahankan 32 Peringkat Emiten, Sinyal Positif untuk Investor

Para emiten dinilai sudah mulai beradaptasi dan mampu menghadapi tekanan Covid-19. Hal ini tercermin dari berkurangnya jumlah perusahaan yang mengalami downgrade peringkat.
Annisa Saumi
Annisa Saumi - Bisnis.com 19 Oktober 2021  |  10:49 WIB
Pengunjung berada di sekitar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Rabu (29/1/2020). JIBI/Bisnis - Himawan L Nugraha
Pengunjung berada di sekitar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Rabu (29/1/2020). JIBI/Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mempertahankan 32 peringkat perusahaan, dari 54 publikasi peringkat selama kuartal III/2021. Dari 54 publikasi peringkat tersebut, sebanyak 33 peringkat memiliki outlook stabil.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, dengan berkurangnya jumlah perusahaan yang mengalami downgrade peringkat, artinya perusahaan sudah mulai beradaptasi dan mampu menghadapi tekanan Covid-19.

"Mungkin kalau kita bicara 2020 banyak yang belum siap. Tapi sejauh ini, semakin sedikit perusahaan yang di downgrade, ini sinyal positif bagi kita, bahwa perusahaan kita mampu melewati masa sulit seperti sekarang ini," kata Nico dihubungi Senin (18/10/2021).

Berdasarkan data Pefindo, sebanyak empat korporasi diturunkan peringkatnya, yakni pengelola waralaba KFC PT Fastfood Indonesia Tbk. (FAST), dari idAA/stabil menjadi idAA-/stabil.

Lalu PT Voksel Electric Tbk. (VOKS) dari idA-/negatif menjadi idBBB+/stabil, PT J Resources Asia Pasifik Tbk. (PSAB) dari idA/Stabil menjadi idBBB/C.W. negatif. Selain itu, PT Perkebunan Nusantara X dari idBBB+/Negatif menjadi idBBB/stabil.

"Kalau di tengah tekanan dan perlambatan ekonomi perusahaan kita banyak tidak di-downgrade, sudah lebih kuat bertahan di tengah Covid-19, kita tak perlu berharap kenaikan. Tujuannya, seberapa besar kita mampu bertahan di tengah Covid-19," ujar Nico.

Adapun hingga September 2021, dari 54 pemeringkatan yang dilakukan Pefindo, dari sisi outlook sebagian besar perusahaan peringkatnya dipertahankan. Outlook stabil diberikan ke 33 peringkat, outlook negatif ke 15 peringkat, dan credit watch (C.W.) negatif ke tiga peringkat.

Berdasarkan kategori peringkat, sebanyak 10 peringkat memiliki peringkat idA, lalu 9 peringkat berkategori peringkat idBBB+, 5 peringkat idAAA, dan 5 peringkat berkategori idBBB. Lalu 5 peringkat berkategori idBBB-, empat peringkat berkategori idAA+ dan empat lainnya idAA-.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pefindo Kinerja Emiten peringkat utang
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top