Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPKM Diperpanjang Lagi, Cek Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham Besok

Pergerakan IHSG dipengaruhi kelanjutan penerapan PPKM dan penurunan kasus Covid-19.
Karyawan berada di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (14/4/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawan berada di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (14/4/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Artha Sekuritas memperkirakan indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat pada perdagangan esok hari, Selasa (14/9/2021), seiring dengan menurunnya kasus Covid-19 meskipun PPKM Jawa-Bali diperpanjang.

Mengutip data Bursa Efek Indonesia, IHSG ditutup melemah 0,11 persen atau 6,72 poin dan parkir di level 6.088,16 pada akhir perdagangan Senin (13/9/2021).

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan menyebutkan pergerakan IHSG pada hari ini ditutup terkoreksi tipis diakibatkan pelemahan bursa saham secara global serta minimnya sentimen dari data ekonomi di awal pekan ini.

Selain itu, Dennies mengatakan investor juga wait and see menanti kelanjutan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Adapun pada perdagangan besok, Dennies memprediksi IHSG menguat. Menurutnya secara teknikal candlestick membentuk formasi three white soldier mengindikasikan potensi melanjutkan penguatan jangka pendek.

Dia melanjutkan, pergerakan pasar saham masih dibayangi kekhawatiran akibat rencana tapering oleh The Fed.

“Pergerakan juga akan didorong jumlah kasus covid-19 yang sudah menurun signifikan,” tulis Dennies dalam riset harian, dikutip Senin (13/9/2021).

Sementara itu, pemerintah pada malam ini mengumumkan kembali melanjutkan PPKM di Pulau Jawa-Bali selama sepekan mulai besok 14 September 2021 hingga 20 September 2021.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan menuturkan bahwa PPKM akan terus berlanjut selama pandemi masih ada.

“Pemerintah menegaskan akan terus memberlakukan PPKM level ini di seluruh wilayah Jawa Bali dan dievaluasi setiap minggunya,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (13/9/2021).

Luhut mengatakan pada penerapan perpanjangan PPKM Level 4, 3 dan 2 yang dilakukan sejak tanggal 6 September hingga 13 September 2021, perkembangan kasus secara nasional terus menunjukkan perbaikan yang signifikan dan capaian yang membaik.

Untuk perdagangan saham besok, Selasa (14/9/2021), Artha Sekuritas memperkirakan IHSG bergerak dengan support 6.062 dan 6.036 serta resistance 6.104 dan 6.120.

Berikut sejumlah saham yang dapat dicermati untuk esok hari:

SCMA PT Surya Citra Media Tbk. (Target Price: 2.100 – 2.140)

Entry Level: 2.020 – 2.060

Stop Loss: 2.000

Secara teknikal higher high dan higher low, mengindikasikan potensi penguatan jangka pendek.


PWON PT Pakuwon Jati Tbk. (Target Price: 480 – 490)

Entry Level: 462 – 470

Stop Loss: 456

Mengalami koreksi namun masih berada di atas level support.


KLBF PT Kalbe Farma Tbk. (Target Price: 1.500 – 1.530)

Entry Level: 1.410 – 1.440

Stop Loss: 1.400

Rebound di sekitar area support. Menguat dan uji resistance terdekat.


Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper