Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wijaya Karya (WIKA) Boyong 3 Anak Usaha IPO pada 2022-2024

WIKA akan mengeksekusi proses go public untuk PT WIKA Rekayasa Konstruksi (WIKA REKON) pada 2024.
Batching plant PT Wijaya Karya Beton Tbk./wika-beton.co.id
Batching plant PT Wijaya Karya Beton Tbk./wika-beton.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. kian mematangkan proses penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) anak usaha yang akan dieksekusi selama tiga tahun ke depan.

Direktur Human Capital dan Pengembangan Wijaya Karya Mursyid mengatakan yang paling utama dalam proses IPO ini adalah kesiapan dari masing-masing anak usaha emiten dengan kode saham WIKA tersebut.

“Jadi 2022 terdapat PT WIKA Industri dan Konstruksi (WIKON) ini perusahaannya sudah lebih siap sehingga hanya menunggu. Kira-kira respons pasar kami harapkan lebih baik di 2022,” kata Mursyid dalam paparan publik, Rabu (8/9/2021).

Selanjutnya pada 2023, WIKA akan memboyong PT WIKA Realty ke lantai bursa. Mursyid mengatakan jadwal ini telah disesuaikan dengan roadmap bersama karena WIKA Realty mendapat mandat untuk menjadi holding hotel. BUMN.

Saat ini, tengah disusun lini bisnis yang akan dikelola oleh WIKA Realty seperti dari sisi pendapatn berulang dari perhotelan dan pendapatan nonrecurring dari properti yang sudah dijalankan saat ini.

“Kami susun semuanya bersama konsultan dan menurut kami waktu terbaiknya [untuk IPO WIKA Realty] adalah 2023,” imbuh Mursyid.

Setelah itu, WIKA akan mengeksekusi proses go public untuk PT WIKA Rekayasa Konstruksi (WIKA REKON) pada 2024. Saat ini, WIKA disebut masih menyesuaikan ukuran perusahaan sebelum menjadi perusahaan terbuka.

Adapun, WIKON merupakan anak usaha WIKA yang bergerak di sektor industri yang memproses fabrikasi baja, aluminium casting, dan plastic injection.

Sedangkan WIKA Realty bergerak di bidang realti, properti, dan pengelolaan properti. Produk yang ditawarkan WIKA Realty seperti rumah tapak, apartemen, perkantoran, dan lahan industri.

Selanjutnya WIKA REKON bergerak di bidang energi dan pembangkit listrik. Bisnis EPC yagn dijalankan perseroan termasuk oil and gas plant, pabrik petrokimia, pabrik semen, pembangkit listri, serta mining, biofuels, dan fertiliser. Untuk bisnis operasional dan pemeliharaan terdiri dari power plant dan industrial equipment.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper