Buana Lintas Lautan (BULL) Bakal Terbitkan Global Bond US$400 Juta

BULL berharap penerbitan surat utang dapat menjaga dan meningkatkan likuiditas serta posisi kas perseroan.
Kapal tanker BULL Kangean, salah satu armada PT Buana Lintas Lautan Tbk. /bull.co.id
Kapal tanker BULL Kangean, salah satu armada PT Buana Lintas Lautan Tbk. /bull.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten pelayaran PT Buana Lintas Lautan Tbk. berencana menerbitkan surat utang global (global bond) hingga US$400 juta.

Emiten dengan kode saham BULL tersebut menjelaskan surat utang direncanakan akan dijamin tanpa syarat dan tidak dapat ditarik kembali dengan jaminan perusahaan dan jaminan lainnya yang diberikan oleh para penjamin.

Perkiraan nilai penjaminan akan diungkapkan selambat-lambatnya 2 hari kerja sebelum dilaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

“Perseroan berencana untuk menggunakan sebagian besar dana hasil transaksi untuk melunasi utang-utang perseroan, baik sebagian maupun seluruhnya, dan untuk modal kerja dalam mengembangkan kegiatan usahanya di kemudian hari,” tulis manajemen BULL dalam keterbukaan informasi, Sabtu (4/9/2021).

BULL berharap penerbitan surat utang dapat menjaga dan meningkatkan likuiditas serta posisi kas perseroan. Hal ini didasarkan bahwa secara umum penerbitan surat utang akan digunakan untuk tujuan pelunasan kewajiban keuangan perseroan.

Penerbitan global bond disebut dapat menurunkan beban bunga BULL dan memperpanjang profil jatuh tempo utang perseroan.

“Dengan jangka waktu jatuh tempo utang yang lebih panjang, rencana transaksi diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan likuiditas perseroan,” jelas manajemen.

BULL menargetkan periode jatuh tempo global bond maksimal 5 tahun, sementara tingkat suku bunga dan periode pembayaran akan diumumkan kemudian.

Lantaran nilai penerbitan global bond melebihi 50 persen ekuitas BULL, maka transaksi ini tergolong material. Alhasil, BULL akan meminta persetujuan pemegang saham lewat RUPS pada 11 Oktober 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper