Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOBA Lepas Saham PLTU Paiton ke Medco (MEDC) Setara Rp998 Miliar

TBS Energi Utama menyampaikan pada 19 Agustus 2021, anak usaha TOBA, yakni PT Batu Hitam Perkasa (BHP) menandatangani perjanjian pemindahan saham, di mana BHP memiliki 5 persen saham PT Paiton Energy.
Suasana Kompleks PLTU Paiton di Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (22/3/2019)./ANTARA-Widodo S Jusuf
Suasana Kompleks PLTU Paiton di Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (22/3/2019)./ANTARA-Widodo S Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA - PT TBS Energi Utama Tbk. (TOBA) melepas kepemilikan sahamnya di PLTU Paiton ke entitas PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) senilai US$68,87 juta atau setara Rp998,6 miliar.

Dalam keterbukaan informasi, manajemen TBS Energi Utama menyampaikan pada 19 Agustus 2021, anak usaha TOBA, yakni PT Batu Hitam Perkasa (BHP) menandatangani perjanjian pemindahan saham. BHP memiliki 5 persen saham PT Paiton Energy.

"Bertindak selaku pembeli adalah PT Medco Daya Energi Sentosa (MDES). BHP sendiri 100 persen sahamnya dikuasai TOBA," paparnya manajemen TOBA, Senin (23/8/2021).

BHP akan melepas 2.124 saham dalam Paiton Energy atau setara 5 persen, dan 250.050 saham atau setara 5 persen saham Minejesa Capital B.V. Total nilai transaksi mencapai US$68.869.755,41 atau dibulatkan US$68,87 juta.

Dengan estimasi kurs Rp14.500 per dolar AS, jumlah transaksi tersebut setara dengan Rp998,6 miliar. Jumlah itu mencakup 23,67 persen dari total ekuitas TOBA pada 2020 sejumlah US$290,91 juta.

Pelaksanaan Transaksi Pengalihan Saham BHP merupakan salah satu bagian dari rencana TOBA kepada pengembangan sumber daya energi terbarukan dan mengurangi jejak karbon. Di samping itu, pelaksanaan Transaksi Pengalihan Saham BHP juga dilakukan dalam rangka memperkuat kondisi keuangan TOBA.

"Dari sudut pandang strategis, TOBA melihat pelaksanaan Transaksi Pengalihan Saham BHP ini memiliki nilai ekonomis yang baik bagi BHP dan Perseroan," imbuh manajemen TOBA.

Adapun pelaksanaan Transaksi Pengalihan Saham BHP ini tidak mempengaruhi kegiatan operasional TOBA saat ini dan secara jangka panjang akan memperkuat kondisi keuangan.

Secara terperinci, nilai transaksi US$68,87 juta terdiri dari dua objek. Pertama, transaksi dimana BHP telah setuju untuk menjual dan memindahkan hak atas 2.124 saham milik BHP dalam PE yang merupakan 5 persen dari modal ditempatkan dan disetor PE kepada MDES, dan MDES telah setuju untuk membeli dan menerima pemindahan hak atas saham tersebut dari BHP dengan nilai transaksi sebesar US$ 64,61 juta.

Kedua, transaksi dimana BHP telah setuju untuk menjual dan memindahkan hak atas 250.050 saham kelas A dengan nilai nominal US$1 milik BHP dalam MCBV yang merupakan 5 persen saham dari modal ditempatkan dan disetor MCBV kepada MDES, dan MDES telah setuju untuk membeli dan menerima pemindahan hak atas saham tersebut dari BHP dengan nilai transaksi sebesar US$3,86 juta sehubungan dengan Transaksi Penjualan MCBV.

MCBV merupakan perusahaan penerbit obligasi Paiton Energy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper