Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satu Global Investama Siap Bawa Dua Perusahaan IPO Senilai Rp650 Miliar

Dua calon emiten ini bergerak di bidang olahraga dan logistik & pelayaran.
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (29/6/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (29/6/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – PT Satu Global Investama (SGI), perusahaan financial advisor dan investasiyang membiayai Pre-IPO financing sampai listing, tengah menyiapkan dua emiten baru yang siap melakukan Initial Public Offering (IPO) atau penawaran umum perdana di pasar modal.

Dua calon emiten ini bergerak di bidang olahraga dan logistik & pelayaran. Dengan akan melantainya dua emiten baru ini, SGI berhasil merampungkan targetnya pada 2021 dengan membawa tiga perusahaan melantai di bursa saham.

CEO dan Co-Founder Satu Global Investama Calvin Lutvi mengungkapkan sangat bangga sekaligus senang dengan antusias berbagai perusahaan untuk melakukan IPO.

“Saya selalu menekankan banyak sekali manfaat yang akan didapat oleh perusahaan jika melakukan IPO, salah satunya dana yang diraih bisa digunakan untuk merealisasikan rencana perusahaan dalam meningkatkan kinerja bisnisnya," paparnya, Rabu (14/7/2021).

Dia menyebut ada dua calon perusahaan yang sedang dipersiapkan melantai di bursa saham pada kuartal II/2021 dan kuartal III/2021.

Untuk calon emiten olahraga, perseroan menargetkan dapat meraih dana publik sebesar Rp350 miliar. Lalu untuk emiten logistik & pelayaran yang memiliki nilai valuasi perusahaan mencapai Rp1,2 triliun, perseroan berencana melepas 25--30 persen sahamnya ke publik dengan menargetkan raihan dana sebesar Rp300-400 miliar.

"Untuk kedua perusahaan ini, kami sudah memiliki strategic investor asing yang telah siap menjadi standby buyer,” katanya.

Hal yang paling utama dalam IPO yakni perusahaan perlu mempersiapkan rencana jangka panjang bisnisnya sebelum nantinya resmi mendapatkan dana segar dari publik.

"Kami dari SGI sangat memperhatikan hal tersebut, karena tidak semua perusahaan dapat melakukan IPO, hanya perusahaan yang memiliki komitmen jangka panjang serta tanggung jawab besar terhadap publik," jelasnya.

Dua calon emiten yang akan diantarkan melantai di bursa ini sudah memenuhi seluruh kriteria menjadi perusahaan terbuka dengan memiliki rencana penggunaan dana yang jelas dan pengembangan perusahaan jangka panjang secara jelas.

Satu Global Investama tengah menyiapkan dua calon emiten baru yang bergerak di bidang olahraga dan logistik & pelayaran dengan total target raihan dana dua emiten tersebut sebesar Rp650 miliar.

Adapun penggunaan dana tersebut untuk emiten olahraga digunakan untuk kebutuhan utama klub, yaitu renovasi training centre, membangun mes pemain, serta membuka outlet-outlet merchandise di beberapa kota.

Untuk emiten logistik & pelayaran akan menggunakan dana untuk melakukan ekspansi bisnis yaitu pembelian kapal untuk penambahan armada baru perseroan serta membangun pelabuhan khusus.

Dengan membawa dua perusahaan akan melantai di bursa saham, SGI sangat bangga dapat mendukung program pemerintah sekaligus membantu perusahaan berskala kecil hingga menengah dapat melantai di bursa dan menjadi perusahaan berskala besar di pasar modal Indonesia.

Perseroan berharap dua emiten yang akan dibawa melantai di bursa ini dapat meramaikan bursa saham Indonesia, dan tentunya semakin banyak perusahaan yang akan go public.

"Kami juga optimistis, di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang sedang menghadapi pandemi covid-19, kami tentunya berharap Indonesia mampu melewati kondisi ini secepat mungkin agar seluruh masyarakat dapat sehat, dan roda perekonomian kembali berjalan dengan baik," kata Calvin.

Pada kuartal I/2021, perseroan sukses membawa perusahaan di bidang food and beverage (F&B) melantai di bursa saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper