Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandeng Bareksa dan Ovo, Syailendra Capital Rilis Produk Reksa Dana Syariah Anyar

Produk ini akan berfokus pada pengelolaan aset-aset syariah yang sesuai dengan tata kelola produk investasi syariah.
Jajaran Direksi Syailendra Capital./Syailendra
Jajaran Direksi Syailendra Capital./Syailendra

Bisnis.com, JAKARTA – Syailendra Capital berkolaborasi dengan Bareksa dan OVO dan merilis produk Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid.

Direktur Syailendra Capital, Harnugama menjelaskan produk reksa dana pasar uang merupakan instrumen yang cocok bagi para investor baru. Hal ini dikarenakan karakteristik reksa dana pasar uang yang minim risiko, bersifat likuid, transaksi yang mudah, serta modal yang murah.

“Masyarakat Indonesia umumnya deposan, sementara produk ini secara karakter punya kemiripan dengan deposito, tapi imbal hasilnya bisa mengalahkan deposito. Oleh karenanya, Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid ini cocok bagi investor yang baru mencoba melakukan investasi di reksa dana,” ungkap Harnugama dikutip dari keterangan resmi, Selasa (13/7/2021).

Harnugama menjelaskan, produk ini akan berfokus pada pengelolaan aset-aset syariah yang sesuai dengan tata kelola produk investasi syariah. Tak hanya itu, produk ini dapat diakses melalui aplikasi OVO dan investor bisa mulai membelinya mulai dari Rp 10.000. 

Ia melanjutkan, investor juga dapat langsung melakukan pencairan ke OVO Cash. Fitur ini menjadi yang pertama hadir di Indonesia dalam hal produk reksa dana pasar uang syariah dengan pencairan instan ke uang elektronik.

Harnugama menambahkan, kemudahan akses punya peranan kunci dalam mendukung literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia, khususnya pada produk reksa dana. Produk ini juga diharapkan dapat menjadi terobosan baru bagi pertumbuhan investasi reksa dana, terutama bagi investor ritel dari kalangan millennial yang erat dengan penggunaan teknologi setiap harinya.

“Kami berharap, produk ini bisa menjadi gerbang awal bagi perjalanan investasi masyarakat mencapai tujuan keuangannya masing-masing,” tutup Harnugama.

Ia menambahkan, Syailendra Capital optimistis produk terbaru ini dapat menawarkan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan deposito dengan target imbal hasil mulai dari 3 persen – 6 persen nett per tahun.

Produk tersebut merupakan jenis reksa dana pasar uang yang merupakan usaha Syailendra Capital untuk menghadirkan produk reksa dana pasar uang di tengah pertumbuhan minat terhadap investasi reksa dana. Merujuk data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) hingga 15 Juni 2021, pertumbuhan jumlah investor baru reksa dana mencapai 1,65 juta investor secara year to date.

Industri reksa dana syariah Indonesia terus mencatatkan pertumbuhan positif dalam beberapa tahun terakhir. Merujuk data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah dana kelolaan reksa dana syariah menyentuh Rp 77,5 triliun pada April 2021. Angka tersebut naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan akhir 2018 yang hanya Rp 34,5 triliun.

Dari sisi market share, reksa dana syariah juga berhasil mengalami peningkatan. Tercatat, pada akhir April 2021, market share reksa dana syariah menyentuh 13,65 persen, jauh lebih besar dibandingkan akhir 2018 yang hanya 6,82 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper