Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mantap! Grup Kresna Jadi Pengendali Produsen Motor Listrik Volta

NFC Indonesia menggandeng SiCepat Expres Indonesia memasuki bisnis electric vehicle dengan membentuk perusahaan patungan, PT Energi Selalu Baru (ESB).
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 09 Juni 2021  |  18:02 WIB
Sepeda listrik volta - Istimewa
Sepeda listrik volta - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten teknologi Grup Kresna kompak membentuk perusahaan patungan demi masuk ke bisnis electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik. Perusahaan patungan ini menjadi pemegang saham pengendali produsen sepeda motor listrik Volta.

PT NFC Indonesia Tbk. (NFCX) menggandeng PT SiCepat Expres Indonesia memasuki bisnis electric vehicle dengan membentuk perusahaan patungan, PT Energi Selalu Baru (ESB), yang berfokus pada distribusi sepeda motor listrik, penukaran baterai dan berbagai layanan pendukungnya.

Sementara itu, PT Digital Mediatama Maxima Tbk. (DMMX) dan PT Telefast Indonesia Tbk. (TFAS), akan memiliki saham minoritas di ESB dengan menyediakan dukungan komersial, infrastruktur dan ekosistem.

ESB juga akan memiliki saham mayoritas di perusahaan manufaktur EV, PT Volta Indonesia Semesta (Volta).

ESB bertujuan untuk meningkatkan penyerapan dan penerimaan penggunaan EV di Indonesia dengan menyediakan distribusi sepeda motor listrik yang seamless dan layanan penukaran baterai, diberdayakan oleh platform digital dan teknologi Internet-of-Things (IoT).

Volta akan menjadi rumah produksi utama sepeda motor listrik untuk ESB dengan NFCX menyediakan dan mengelola platform digital untuk registrasi dan pengelolaan kendaraan, pembayaran dan rewards.

Rencananya, ESB akan memanfaatkan kemampuan logistik serta jaringan SiCepat dan TFAS untuk merencanakan dan menyebarkan stasiun penukaran baterai. Ekspansi jaringan penukaran baterai ini juga akan menggunakan jaringan toko ritel DMMX yang luas di seluruh Indonesia.

Direktur Volta Willty Awan menjelaskan masuknya NFCX dan berbagai perusahaan teknologi ini dalam pemegang sahamnya membawa adopsi EV di Indonesia ke level selanjutnya.

"Dengan kapabilitas teknologi MCAS Group dan jaringan mitra yang luas, kami percaya kami dapat mengembangkan secara pesat kesadaran, penerimaan, dan aksesibilitas EV ke pasar massal," jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (9/6/2021).

Dengan begitu, Volta dapat membawa layanan purna jual Volta yang sangat baik kepada pelanggan dengan kenyamanan bernilai tambah yang diberikan oleh platform digital NFCX.

Presiden Direktur NFCX Abraham Theofilus menuturkan value proposition dari Indonesia yang lebih hijau dilatarbelakangi oleh populasi yang peduli lingkungan.

"NFCX dengan senang hati memimpin kemajuan grup ke pasar EV Indonesia yang menjanjikan. Melalui platform digital kami yang memungkinkan pengguna untuk mengelola kendaraan listrik mereka dan penggunaan baterai terkait," katanya.

NFCX berusaha meredakan keraguan yang berkaitan dengan adopsi EV terutama perihal jarak tempuh dan frekuensi penggunaan. Dalam prosesnya, NFCX juga akan secara bertahap memperkenalkan mekanisme loyalitas dalam platform digital yang akan memberi reward kepada pengguna sepeda motor listrik buatan Volta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kresna graha investama Sepeda Motor Listrik PT Volta Indonesia Semesta
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top