Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Disebut Punya Kinerja Unggul, Ini Daftar Saham IDX-MES BUMN 17

Kepala Unit Pengembangan Produk I BEI Kautsar Primadi Nurahmad mengatakan indeks IDX-MES BUMN 17 mengukur kinerja harga dari 17 saham syariah yang merupakan BUMN dan anak BUMN yang memiliki likuiditas baik, kapitalisasi pasar besar, dan didukung fundamental yang baik.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 21 April 2021  |  19:47 WIB
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin melantik Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Periode 2021-2023 pada Senin (22/3/2021).  - Istimewa
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin melantik Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Periode 2021-2023 pada Senin (22/3/2021). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks syariah anyar besutan Bursa Efek Indonesia siap meluncur di akhir bulan ini. Indeks bertajuk IDX-MES BUMN 17 tersebut memiliki 17 anggota konstituen yang berasal dari kalangan BUMN.

Kepala Unit Pengembangan Produk I BEI Kautsar Primadi Nurahmad mengatakan indeks IDX-MES BUMN 17 mengukur kinerja harga dari 17 saham syariah yang merupakan BUMN dan anak BUMN yang memiliki likuiditas baik, kapitalisasi pasar besar, dan didukung fundamental yang baik.

Dia mengatakan, ketujuh belas anggota konstituen IDX-MES BUMN 17 merupakan saham yang berhasil disaring dari irisan antara anggota Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan saham-saham BUMN dan afiliasinya.

“Dari irisan tersebut ada 22 saham BUMN syariah, kita lakukan seleksi kualitastif dan kuantitatif, untuk memastikan mereka punya likuiditas baik dan size besar. Dari sisi kualitatif juga dipastikan kinerja keuangan, kepatuhannya, baik,” tuturnya dalam sesi daring, Rabu (21/4/2021)

Adapun, metode penghitungannya menggunakan adjusted market capitalization weighted, dengan hanya menghitung porsi saham free float dengan harapan dapat mereplika kondisi market dengan lebih baik.

Nantinya, indeks akan dievaluasi 4 kali dalam setahun yakni 2 kali evaluasi mayor setiap Mei dan November, serta evaluasi minor setiap Februari dan Agustus. Bursa juga mematok bobot paling tinggi satu anggota konstituen adalah 20 persen dari total indeks.

Kautsar menuturkan, bursa telah melakukan backtesting kinerja indeks IDX-MES BUMN 17 dibandingkan dengan beberapa indeks acuan utama untuk periode 5 tahun ke belakang yakni 30 Desember 2015 hingga 1 April 2021.

Hasilnya, indeks IDX-MES BUMN 17 mencetak pertumbuhan 3,85 persen selama periode tersebut atau menempati urutan 4 di bawah IHSG (30,88 persen), IDX BUMN20 (27,05 persen) dan LQ45 (13,87 persen).

Akan tetapi, dibandingkan indeks syariah lainnya, IDX-MES BUMN 17 menjadi jawara. Sebagai perbandingan, dalam periode yang sama indeks JII hanya mampu mencetak pertumbuhan 0,51 persen.

“IDX-MES BUMN 17 lebih unggul dari JII, tapi indeks lain masih lebih unggul karena penggerak indeks kita adalah saham-saham perbankan konvensional selama beberapa tahun terakhir, makanya indeks yang punya saham perbankan cenderung performa lebih tinggi,” tutur Kautsar.

Adapun setelah mengalami beberapa perubahan komposisi konstituen indeks selama melakukan backtesting, BEI akhirnya mengantongi 17 saham yang menjadi penghuni pertama IDX-MES BUMN 17 ketika diluncurkan pekan depan.

Berikut daftar lengkap konstituen IDX-MES BUMN 17:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG Indeks BEI BUMN Indeks Syariah
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top