Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekosistem Makin Berkembang, Bitcoin Diramal Terus Menanjak

Tren pembelian aset digital seperti Bitcoin terjadi karena peningkatan pemahaman dan kepercayaan masyarakat terhadap aset digital tersebut
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 19 Februari 2021  |  06:00 WIB
CEO INDODAX Oscar Darmawan (kiri) berbincang dengan COO INDODAX Erdita Purnamasari di sela-sela peluncuran wajah baru Bitcoin Indonesia menjadi INDODAX (Indonesia Digital Asset Exchange) di Jakarta, Rabu (14/3). - JIBI/Abdullah Azzam
CEO INDODAX Oscar Darmawan (kiri) berbincang dengan COO INDODAX Erdita Purnamasari di sela-sela peluncuran wajah baru Bitcoin Indonesia menjadi INDODAX (Indonesia Digital Asset Exchange) di Jakarta, Rabu (14/3). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, Jakarta —Tren kenaikan harga Bitcoin diprediksi akan terus berlanjut, salah satunya didorong oleh semakin berkembangnya ekosistem aset digital tersebut.

Tercatat, Bitcoin kembali mengalami kenaikan harga. Bitcoin menembus harga tertingginya Rp741 juta, per Kamis (18/2/2021).

CEO Indodax Oscar Darmawan kenaikan harga ini terjadi seiring meningkatnya permintaan yang terjadi di market global. Bitcoin baru saja diborong oleh Tesla Inc. Perusahaan Elon Musk itu membeli Bitcoin senilai Rp21 triliun

Tak hanya Tesla, sebelumnya banyak perusahaan juga yang memborong Bitcoin, seperti Square Inc. dan Tudor Investment Corp, JP Morgan, serta Microstrategy Inc. Bahkan baru-baru ini Microstrategy mengumumkan akan kembali membeli Bitcoin senilai US$600 juta.

Bitcoin kembali menembus harga tertinggi. Hanya butuh waktu satu pekan bagi Bitcoin ke Rp741 juta dari Rp650 juta. Kenaikan fantastis Bitcoin terjadi karena tingginya permintaan dari dunia korporasi,” kata Oscar Darmawan, dalam keterangan tertulis, Kamis (18/2/2021)

Oscar memproyeksikan ke depannya masih akan ada beberapa perusahaan lagi yang akan membeli Bitcoin. Ditambah, ekosistemnya pun kian berkembang, salah satunya dengan rencana Master Card yang akan mempertimbangkan memberikan fitur pembayaran dengan Bitcoin dan aset kripto lainnya.

Saat yang bersamaan, harga altcoin (alternative coin) atau aset kripto lain juga menunjukkan penguatan harga, hampir semua aset kripto mengalami peningkatan harga  hingga 100 persen dari awal 2021 hingga saat ini. 

“Salah satu faktornya adalah karena tingginya permintaan terhadap aset kripto lain. Karena masyarakat Indonesia saat ini sedang menggandrungi atau hype dengan trading aset kripto,” papar Oscar.

Oscar mengatakan orang-orang juga cenderung membeli aset digital karena meningkatnya pemahaman dan kepercayaan terhadap aset digital tersebut. Pun, kepercayaan itu bertambah saat harga Bitcoin sudah mencatatkan kenaikan harga yang fantastis.

Dia memperkirakan dampak ini akan terus terjadi selama satu tahun. Bahkan, besar kemungkinan Bitcoin masih berpotensi naik ini seperti yang diramalkan oleh JP Morgan, yang mana harga Bitcoin bisa mencapai Rp1 miliar atau bahkan lebih.

“Tapi nantinya ada saat dimana masa resisten atau masa jenuh yang terjadi sementara. Karena orang-orang akan melakukan aksi taking profit atau mengambil keuntungan. Sehingga permintaan bitcoin menurun,” jelas dia. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bitcoin mata uang kripto
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top