Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Emiten Sinar Mas (GEMS) Targetkan Rights Issue Rampung Bulan Depan

PT Golden Energy Mines Tbk. (GEMS) masih memproses perizinan aksi rights issue di Otoritas Jasa Keuangan.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 19 Februari 2021  |  09:45 WIB
Sebuah trailer sedang mengangkut lapisan tanah di area pertambangan PT Golden Energy Mines Tbk. - goldenenergymines.com
Sebuah trailer sedang mengangkut lapisan tanah di area pertambangan PT Golden Energy Mines Tbk. - goldenenergymines.com

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten pertambangan Grup Sinar Mas, PT Golden Energy Mines Tbk. (GEMS) menargetkan rights issue untuk menambah porsi kepemilikan saham publik dan meraih modal kerja dapat rampung pada akhir Maret 2021. 

Sudin, Sekretaris Perusahaan Golden Energy Mines, mengatakan perseroan menggelar penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu atau rights issue untuk memenuhi ketentuan Bursa Efek Indonesia mengenai batas minimal free float saham 7,5 persen. Saat ini, porsi saham publik dalam GEMS tercatat hanya sebesar 3 persen. 

Akibat tidak memenuhi Ketentuan V.1 Peraturan Bursa No. I-A, saham GEMS sudah disuspensi BEI selama lebih dari 24 bulan. 

Sudin mengatakan GEMS masih memproses perizinan aksi korporasi itu di Otoritas Jasa Keuangan. Emiten pertambangan batu bara itu telah menerima tanggapan kedua dari OJK.

“Kami sedang koordinasi dengan tim sudah menjawab surat OJK selambatnya pada 23 Februari 2021. Rencananya [rights issue] selesai pada akhir Maret ini,” ungkap Sudin kepada Bisnis, Kamis (18/2/2021). 

Menurutnya, GEMS telah mengantongi restu pemegang saham untuk menerbitkan saham baru sebanyak-banyaknya 10 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam rights issue. 

Sudin menambahkan Golden Energy Mines belum memiliki investor strategis dalam aksi korporasi ini. Justru dia berharap investor ritel berpartisipasi dalam rights issue perseroan.

“Sesuai aturan OJK, karena penggunaan dana untuk modal kerja, tidak diwajibkan adanya investor strategis. Kalau harga bagus, ritel juga bisa beli,” imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sinar mas golden energy right issue
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top