Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Buyback Global Bond Disetujui, Saham Soechi Lines (SOCI) Melambung

Saham PT Soechi Lines Tbk. naik hampir 20 persen di sesi pertama hari ini, Rabu (16/12/2020).
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 16 Desember 2020  |  13:28 WIB
Kapal tanker Success Fortune XL milik PT Soechi Lines. Kapal ini memiliki kapasitas hampir 300.000 DWT dan menjadi salah satu kapal andalan perseroan. - soechi.com
Kapal tanker Success Fortune XL milik PT Soechi Lines. Kapal ini memiliki kapasitas hampir 300.000 DWT dan menjadi salah satu kapal andalan perseroan. - soechi.com

Bisnis.com, JAKARTA - Saham emiten pelayaran PT Soechi Lines Tbk. melambung setelah perseroan mendapatkan persetujuan pembelian kembali (buyback) surat utang global.

Berdasarkan data Bloomberg, saham dengan kode SOCI itu menanjak 19,30 persen menjadi Rp272 per saham pada akhir sesi I perdagangan Rabu (16/12/2020). Dalam sepekan terakhir, SOCI melesat 57,23 persen dengan kapitalisasi pasar Rp1,92 triliun.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Soechi Lines Paula Marlina mengatakan bahwa perseroan telah selesai melaksanakan persetujuan dan penandatanganan Supplemental Indenture pada 14 dan 15 Desember 2020.

“[Hal itu] Diharapkan dapat mendukung kegiatan usaha perseroan dan/atau entitas anak perseroan dalam jangka panjang, baik dari segi kegiatan operasional, kondisi keuangan, maupun kelangsungan usaha,” tulis Paula dalam keterbukaan informasi, Rabu (16/12/2020).

Adapun, Supplement Indenture mengacu kepada perubahan sebagian ketentuan dalam indenture obligasi senior berdenominasi dolar AS milik SOCI.

Persetujuan Supplement Indenture ini merupakan bagian dari proses pembelian kembali sebanyak-banyaknya US$140 juta jumlah pokok yang terutang dari obligasi berdenominasi dolar AS milik SOCI yang diterbitkan Soechi Capital Pte. Ltd. Obligasi global itu memiliki tingkat bunga 8,375 persen per tahun dan akan jatuh tempo pada 2023.  

Setelah diperoleh persetujuan tersebut, perseroan pada 14 Desember 2020 bersama para entitas anak penjamin serta Bank of New York Mellon (wali amanat) dan Bank of New York Mellon Singapore Branch (agen jaminan) menandatangani Supplemental Indenture yang mengubah sebagian ketentuan dalam indenture sebelumnya.

Soechi Capital pun melakukan pembayaran consent fee kepada para pemegang obligasi global itu pada 15 Desember 2020.

Paula menambahkan bahwa selesainya pelaksanaan permohonan persetujuan dan penandatanganan Supplemental Indenture yang mana merupakan bagian dari pengelolaan kewajiban perseroan dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi Kinerja Emiten Soechi Lines
Editor : Rivki Maulana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top