Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Investor Merespons Pidato Powell, Bursa Eropa Melemah di Awal Perdagangan

Berdasarkan data Bloomberg, indeks Stoxx Europe 600 dibuka melemah 1,2 persen, dengan seluruh sektor mencatat pelemahan.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 17 September 2020  |  15:24 WIB
Bursa Efek Frankfurt, Jerman. - Bloomberg
Bursa Efek Frankfurt, Jerman. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa melemah pada awal perdagangan hari ini, Kamis (17/9/2020) karena investor merespons pidato Gubernur Federal Reserve Jerome Powell yang mengungkapkan ketidakpastian mengenai pemulihan ekonomi.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks Stoxx Europe 600 dibuka melemah 1,2 persen, dengan seluruh sektor mencatat pelemahan. Sektor otomotif melemah paling tajam hingga 2,3 persen setelah data menunjukkan penjualan mobil Eropa anjlok 18 persen pada Agustus.

Jerome Powell pada Rabu mengatakan kebijakan akan tetap akomodatif untuk mendorong pemulihan yang menunjukkan tanda-tanda perlambatan. Menurutnya, ekonomi global tidak mampu terus pulih tanpa adanya stimulus fiskal lebih lanjut.

Sementara itu, kurva imbal hasil obligasi Treasury menguat tipis pada hari Rabu karena Powell tidak memberikan detil baru mengenai pendekatan The Fed untuk pembelian obligasi bulanan yang telah menopang pasar.

 "Pemulihan telah berkembang lebih cepat dari yang diperkirakan secara umum. (Namun) jalan ke depan masih sangat tidak pasti,” kata Powell dalam pidatonya.

Adapun pertemuan bulanan The Fed tersebut merupakan yang terakhir sebelum Amerika Serikat menyongsong pemilihan umum Presiden pada 3 November mendatang,

“Tidak adanya kebijakan baru membuat para pelaku pasar sedikit kewalahan," ujar Stephen Miller, Investment Strategist GSFM.

Gedung Putih dengan kuat mengisyaratkan bahwa pihaknya bersedia untuk meningkatkan tawarannya dalam pembicaraan dengan partai Demokrat. Selain itu, anggota Senat partai Republikan harus ikut serta untuk menyepakati stimulus dalam 7 hingga 10 hari ke depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa eropa
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top