Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Eropa Kucurkan Stimulus, Bursa Asia Lanjutkan Reli Positif

Bursa Asia kompak ditutup menguat pada perdagangan Selasa (21/7/2020).
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  14:30 WIB
Bursa Asia -  Bloomberg.
Bursa Asia - Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA - Sentimen perkembangan vaksin virus corona dan kucuran stimulus dari Eropa membawa pasar Asia ditutup di zona hijau.

Dilansir dari Bloomberg pada Selasa (21/7/2020), bursa S&P/ASX 200 Australia melesat 2,58 persen dan bertengger di level 6.156,30. Kenaikan juga dirasakan indeks Hang Seng Hong Kong yang bergerak 1,77 persen di zona hijau dan menutup perdagangan pada 25.501,08.

Sementara itu, bursa Kospi Korea Selatan menyusul penguatan indeks Australia dan Hong Kong dengan naik 1,39 persen di kisaran 2.228,83. Sedangkan, pasar Topix Jepang juga menguat 0,36 di posisi 1.582,74.

Adapun, Shanghai Composite di China turut mengalami penguatan tipis 0,2 persen ke 3.320,89.

Pada perdagangan hari ini, perhatian investor tertuju pada Amerika Serikat yang tengah membahas paket stimulus lanjutan untuk menggantikan kebijakan sebelumnya yang masa berlakunya habis.

Sementara di Eropa, para pemimpin negara di menyepakatipaket stimulus baru senilai US$860 miliar untuk membantu pemulihan ekonomi di kawasan tersebut.

"Para pelaku pasar sangat optimistis akan ada paket stimulus baru dalam waktu dekat. Pergerakan saham yang meruncing belum akan terjadi hingga adanya sentimen positif di bidang kesehatan," jelas Portfolio Manager Gradient Investments Mariann Montagne.

Sementara itu, pengembangan vaksin virus corona yang dilakukan Universitas Oxford dan AstraZeneca Plc menunjukkan hasil yang positif di masa awal pengujian pada manusia. Vaksin yang dikembangkan CanSino Biologics Inc. bersama dengan Pfizer Inc. dan BioNTech SE juga melaporkan perkembangan yang menjanjikan.

Di Amerika Serikat, negara bagian California, Florida dan Arizona melaporkan perlambatan kenaikan jumlah kasus positif virus corona.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bursa Asia bursa global stimulus
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top