Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Eropa Kucurkan Stimulus, Bursa Asia Lanjutkan Reli Positif

Bursa Asia kompak ditutup menguat pada perdagangan Selasa (21/7/2020).
Bursa Asia/ Bloomberg.
Bursa Asia/ Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA - Sentimen perkembangan vaksin virus corona dan kucuran stimulus dari Eropa membawa pasar Asia ditutup di zona hijau.

Dilansir dari Bloomberg pada Selasa (21/7/2020), bursa S&P/ASX 200 Australia melesat 2,58 persen dan bertengger di level 6.156,30. Kenaikan juga dirasakan indeks Hang Seng Hong Kong yang bergerak 1,77 persen di zona hijau dan menutup perdagangan pada 25.501,08.

Sementara itu, bursa Kospi Korea Selatan menyusul penguatan indeks Australia dan Hong Kong dengan naik 1,39 persen di kisaran 2.228,83. Sedangkan, pasar Topix Jepang juga menguat 0,36 di posisi 1.582,74.

Adapun, Shanghai Composite di China turut mengalami penguatan tipis 0,2 persen ke 3.320,89.

Pada perdagangan hari ini, perhatian investor tertuju pada Amerika Serikat yang tengah membahas paket stimulus lanjutan untuk menggantikan kebijakan sebelumnya yang masa berlakunya habis.

Sementara di Eropa, para pemimpin negara di menyepakatipaket stimulus baru senilai US$860 miliar untuk membantu pemulihan ekonomi di kawasan tersebut.

"Para pelaku pasar sangat optimistis akan ada paket stimulus baru dalam waktu dekat. Pergerakan saham yang meruncing belum akan terjadi hingga adanya sentimen positif di bidang kesehatan," jelas Portfolio Manager Gradient Investments Mariann Montagne.

Sementara itu, pengembangan vaksin virus corona yang dilakukan Universitas Oxford dan AstraZeneca Plc menunjukkan hasil yang positif di masa awal pengujian pada manusia. Vaksin yang dikembangkan CanSino Biologics Inc. bersama dengan Pfizer Inc. dan BioNTech SE juga melaporkan perkembangan yang menjanjikan.

Di Amerika Serikat, negara bagian California, Florida dan Arizona melaporkan perlambatan kenaikan jumlah kasus positif virus corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper