Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

​IHSG Menguat Tipis, BBCA, BBRI, dan TLKM Jadi Top Leader

Tiga saham berkapitalisasi jumbo atau big caps menjadi penyelamat kejatuhan IHSG. Saham BBCA, BBRI, dan TLKM menjadi tiga saham dengan nilai transaksi terbesar pada perdagangan hari ini, Senin (27/4/2020).
Pengunjung menggunakan smarphone didekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di Jakarta, Rabu (22/4/2020). Bisnis/Dedi Gunawan
Pengunjung menggunakan smarphone didekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di Jakarta, Rabu (22/4/2020). Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat tipis 0,38 persen pada perdagangan hari ini, Senin (27/4/2020). Penguatan terjadi setelah pada penutupan perdagangan pekan lalu indeks tercatat melemah.

Pada penutupan perdagangan hari ini IHSG ditutup menguat 0,38 persen atau 17,07 poin ke level 4.513,14. Total transaksi perdagangan pada hari ini mencapai Rp5,34 triliun, dengan jumlah saham yang diperdagangkan mencapai 6,16 miliar. Adapun, total frekuensi transaksi mencapai 422.200 kali.

Sepanjang perdagangan hari ini, IHSG bergerak pada rentang 4.474,89—4.541,32. Pada sesi awal perdagangan IHSG sempat menguat ke level 4.523,02. Namun, setelah itu IHSG menukik hingga menyentuh level 4.477,53, dan kembali menguat tipis sebelum turun minum.

Kendati demikian, tren penguatan yang terjadi sebelum istirahat sesi I, terus berlanjut hingga penutupan sesi II. Alhasil, IHSG berhasil menghijauh pada perdagangan hari ini.

Saham PT Bank Central Asia Tbk. Atau BBCA dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menjadi penopang penguatan indeks. Kedua saham perbankan kelas kakap ini menjadi saham dengan nilai transaksi perdagangan paling tinggi.

Nilai transaksi (turnover) terhadap saham BBCA tercatat sebesar Rp748 miliar, dengan volume saham yang diperdagangkan sebanyak 30,1 miliar saham. Transaksi beli investor asing terhadap saham BBCA hari ini mencapai Rp660,8 miliar, sedangkan jual sebanyak Rp724,2 miliar. Alhasil, asing tercatat melakukan jual bersih Rp63,34 miliar.

Kendati demikian investor lokal tercatat melakukan beli bersih kurang lebih senilai Rp64,1 miliar pada perdagangan hari ini. Transaksi ini yang membentuk kenaikan harga BBCA sebanyak 200 poin atau 0,81 persen menjadi Rp24.800 per saham

Sementara itu, nilai turnover terhadap BBRI tercatat sebanyak Rp483,19 miliar. Investor asing tercatat melakukan aksi jual bersih sebanyak Rp112,18 miliar. Adapun, pelaku pasar domestik mencatatkan beli bersih sekitar Rp44 miliar. Saham BBRI tercatat menguat 30 poin atau 1,14 persen ke level Rp2.660 per saham.

BBCA dan BBRI juga masuk dalam jajaran tiga teratas saham Top Leader pada perdagangan hari ini, bersama  dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM). Penguatan saham BBCA dan BBRI berkontribusi masing-masing 4,2 poin dan 3,2 poin terhadap IHSG. Adapun, kenaikan TLKM senilai 1,9 persen hari ini, berkontribusi paling tinggi, 5,1 poin.

Sementara itu, Top Laggard pada perdagangan hari ini adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. atau BMRI yang turun 3,04 persen ke level Rp4.150 per saham. PT Pollux Properti Indonesia Tbk. (POLL) dan PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) yang masing-masing turun 6,81 persen dan 2,02 persen turut menemani BMRI dalam tiga besar Top Laggard hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper