Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SCG Packaging Bakal Akuisisi 55% Saham Fajar Surya Wisesa (FASW)

SCG Packaging bakal menjadi pengendali baru PT Fajar Surya Wisesa Tbk. setelah rencana akuisisi 55% saham emiten dengan kode saham FASW itu. 

Bisnis.com, JAKARTA - SCG Packaging bakal menjadi pengendali baru PT Fajar Surya Wisesa Tbk. setelah rencana akuisisi 55% saham emiten dengan kode saham FASW itu. 

Berdasarkan keterbukaan informasi di BEI yang dikutip pada Minggu (12/5/2019), SCG Packaging Public Company Limited melalui anak perusahaannya (SCG Packaging) berencana membeli saham FASW yang dimiliki PT Intercipta Sempana, Winarko Sulistyo, Villa Sulistyo, PT Intratata Usaha Mandiri, dan para pemegang saham lainnya yakni PT Garama Dhananjaya dan Hartono Herjanto, yang seluruhnya mewakili 55% dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan.

Setelah pelaksanaan pengambilalihan saham ini, SCG Packaging akan menjadi pengendali baru perseroan. 

Direktur Utama Fajar Surya Wisesa Yustinus Y Kusumah mengatakan, rencana itu disampaikan oleh para pemegang saham kepada perseroan melalui surat pada 10 Mei 2019. 

Dia mengatakan, rencana pengambilalihan saham tidak akan berdampak terhadap kondisi keuangan perseroan. Sebab, transaksi ini akan dilakukan oleh para pemegang saham perseroan dan SCG Packaging.

Dengan demikian, dana hasil penjualan saham-saham dalam perseroan dalam rencana pengambilalihan saham akan diterima oleh para penjualan, bukan oleh perseroan. 

"Dengan masuknya SCG Packaging sebagai pemegang saham baru perseroan diharapkan akan lebih menguatkan posisi perseroan di industri kertas di Indonesia serta penetrasi lebih lanjut produk perseroan di dunia, khususnya di wilayah Asean," katanya dikutip dari keterbukaan informasi. 

Lebih lanjut, Yustinus menjelaskan, sesuai dengan surat pemberitahuan rencana pengambilalihan saham akan dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan baru akan berlaku efektif jika sejumlah syarat pendahuluan yang terdapat dalam dokumen yang terkait dengan pengambilalihan saham telah dipenuhi. 

Lebih lanjut, SCG Packaging berhak untuk menunjuk anak perusahaannya untuk menerima saham-saham tersebut dan untuk mengalihkan hak-haknya dalam dokumen terkait dengan pengambilalihan saham kepada anak perusahaannya tersebut. 

Setelah efektif pengambilalihan saham, SCG Packaging akan menjadi pemegang saham pengendali baru perseroan. Selanjutnya, SCG akan melakukan penawaran tender wajib sesuai dengan Peraturan OJK No.9/POJK.04/2018 tentang pengambilalihan perusahaan terbuka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper