Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transaksi Saham Tembus Rp19 Triliun, Ada Crossing Jumbo Emiten FCA Fajar Paper (FASW)

Saham emiten di papan pemantauan khusus FCA, Fajar Surya Wisesa (FASW) mencatatkan transaksi crossing senilai Rp7,2 triliun.
Investor memantau saham LQ45 di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (13/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Investor memantau saham LQ45 di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (13/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- Perdagangan saham emiten dalam papan pemantauan khusus dengan metode full call auction (FCA), PT Fajar Surya Wisesa Tbk. (FASW) diwarnai transaksi crossing bernilai jumbo sebesar Rp7,2 triliun. 

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, transaksi saham jumbo pada saham FASW terjadi di pasar non-reguler sebanyak 1,36 miliar saham senilai Rp7,52 triliun pada hari ini, Selasa (20/8/2024).  

Dengan demikian, transaksi crossing itu dilaksanakan pada level harga Rp5.500 per saham. Pada hari ini, saham FASW tercatat stagnan pada level Rp5.500 per saham atau tidak berubah sejak 3 bulan yang lalu. 

Berdasarkan data RTI Infokom, broker saham dengan kode SQ, yaitu BCA Sekuritas menjadi satu-satunya broker yang mentransaksikan saham FASW hari ini. 

Di sisi lain, saham FASW merupakan salah satu saham yang masuk ke dalam papan pemantauan khusus FCA. Saham FASW masuk ke kriteria 6 dan 7 papan pemantauan khusus.

Saham emiten kertas ini masuk ke kriteria nomor 6, yaitu tidak memenuhi persyaratan untuk dapat tetap tercatat di Bursa sebagaimana diatur Peraturan Nomor I-A dan I-V (terkait Saham Free float), kecuali ketentuan jumlah saham free float paling sedikit 50.000.000 untuk Papan Utama dan Papan Pengembangan, dan di atas 5% dari jumlah saham tercatat untuk Papan Utama, Papan Pengembangan dan Papan Akselerasi.

Saham FASW juga masuk ke kriteria nomor 7, yaitu memiliki likuiditas rendah dengan kriteria nilai transaksi rata-rata harian saham kurang dari Rp5 juta dan volume transaksi rata-rata harian saham kurang dari 10.000 saham selama tiga bulan terakhir di pasar reguler dan/atau pasar reguler periodic call auction.

Adapun, saham FASW saat ini memiliki PER -14,41 kali, dengan PBV sebesar 3,5 kali. Kapitalisasi pasar FASW adalah sebesar Rp13,63 triliun.

Selain FASW, beberapa saham lain di BEI juga mencatatkan transaksi crossing. Transaksi crossing tersebut terjadi pada saham BBRI dengan harga Rp4.867 per saham, dengan nilai Rp164,5 miliar.

Lalu saham NCKL pada harga Rp1.098 per saham, dengan nilai transaksi Rp155,4 miliar. Saham lain yang juga mengalami transaksi crossing adalah saham BBCA pada harga Rp10.334 per saham, dengan nilai transaksi Rp113,5 miliar.

Sepanjang hari ini, BEI mencatat total nilai transaksi di pasar saham menembus Rp19,37 triliun. Adapun, rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) mencapai Rp11,71 triliun. 

Ramainya transaksi saham itu terjadi saham indeks harga saham gabungan (IHSG) menembus all time high sebesar 7.533,98 pada penutupan perdagangan Selasa (20/8/2024). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper