Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

SKANDAL SAHAM: Menteri Rini Perintahkan Danareksa Investigasi Anak Usaha

Menteri BUMN Rini Soemarno menginstruksikan PT Danareksa (Persero) untuk melakukan audit investigasi terhadap anak perusahaan itu, PT Danareksa Sekuritas terkait skandal perdagangan saham fiktif saham milik PT Sekawan Intipratama Tbk (SIAP).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 November 2015  |  16:04 WIB
Rini Soemarno - Antara
Rini Soemarno - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri BUMN Rini Soemarno menginstruksikan PT Danareksa (Persero) untuk melakukan audit investigasi terhadap anak perusahaan itu, PT Danareksa Sekuritas terkait skandal perdagangan saham fiktif saham milik PT Sekawan Intipratama Tbk. (SIAP).

"Saya sudah minta dilakukan audit investigasi untuk menelusuri kasus tersebut," kata Rini, di Kantor Kementerian BUMN, Kamis (12/11/2015).

Menurut Rini, pada Rabu (11/11), dirinya sudah mendapat laporan awal Sekretaris Kementerian BUMN Imam A. Putro soal adanya dugaan transaksi fiktif perdagangan saham yang dilakukan oknum di Danareksa Sekuritas tersebut.

"Saya langsung meminta dilakukan audit investigatif secepatnya. Direksinya saya minta di-nonaktifkan," ujarnya.

Diketahui, pada Rabu (11/11) otoritas pasar modal PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sesi perdagangan pertama melakukan suspensi transaksi tiga broker terkait isu "goreng saham" SIAP.

Tiga broker tersebut adalah PT Reliance Securites, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Millenium Danatama Sekuritas, ketiganya diduga tidak menjalankan prosedur pengendalian internal yang memadai dalam operasionalnya.

Atas kasus tersebut, Danareksa Sekuritas dipastikan mengalami kerugian karena tidak diizinkan melakukan transaksi perdagangan.

"Saya sudah minta Pak Gatot (Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultasi) segera melaporkan setiap perkembangan dari audit," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Rini mengaku merasa sedih kasus tersebut terjadi di Danareksa Sekuritas yang merupakan perusahaan sekuritas BUMN tertua dan punya pengalaman panjang.

"Saya sedih, sebagai perusahaan negara anak usaha BUMN, seharusnya ini tidak boleh terjadi," tegasnya.

Untuk itu, Rini juga menginstruksikan direksi perusahaan Danareksa Sekuritas dan sejumlah stafnya dinonaktifkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

danareksa sekuritas danareksa

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top