Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SKANDAL SAHAM: Menteri Rini Perintahkan Danareksa Investigasi Anak Usaha

Menteri BUMN Rini Soemarno menginstruksikan PT Danareksa (Persero) untuk melakukan audit investigasi terhadap anak perusahaan itu, PT Danareksa Sekuritas terkait skandal perdagangan saham fiktif saham milik PT Sekawan Intipratama Tbk (SIAP).
Rini Soemarno/Antara
Rini Soemarno/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri BUMN Rini Soemarno menginstruksikan PT Danareksa (Persero) untuk melakukan audit investigasi terhadap anak perusahaan itu, PT Danareksa Sekuritas terkait skandal perdagangan saham fiktif saham milik PT Sekawan Intipratama Tbk. (SIAP).

"Saya sudah minta dilakukan audit investigasi untuk menelusuri kasus tersebut," kata Rini, di Kantor Kementerian BUMN, Kamis (12/11/2015).

Menurut Rini, pada Rabu (11/11), dirinya sudah mendapat laporan awal Sekretaris Kementerian BUMN Imam A. Putro soal adanya dugaan transaksi fiktif perdagangan saham yang dilakukan oknum di Danareksa Sekuritas tersebut.

"Saya langsung meminta dilakukan audit investigatif secepatnya. Direksinya saya minta di-nonaktifkan," ujarnya.

Diketahui, pada Rabu (11/11) otoritas pasar modal PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sesi perdagangan pertama melakukan suspensi transaksi tiga broker terkait isu "goreng saham" SIAP.

Tiga broker tersebut adalah PT Reliance Securites, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Millenium Danatama Sekuritas, ketiganya diduga tidak menjalankan prosedur pengendalian internal yang memadai dalam operasionalnya.

Atas kasus tersebut, Danareksa Sekuritas dipastikan mengalami kerugian karena tidak diizinkan melakukan transaksi perdagangan.

"Saya sudah minta Pak Gatot (Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultasi) segera melaporkan setiap perkembangan dari audit," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Rini mengaku merasa sedih kasus tersebut terjadi di Danareksa Sekuritas yang merupakan perusahaan sekuritas BUMN tertua dan punya pengalaman panjang.

"Saya sedih, sebagai perusahaan negara anak usaha BUMN, seharusnya ini tidak boleh terjadi," tegasnya.

Untuk itu, Rini juga menginstruksikan direksi perusahaan Danareksa Sekuritas dan sejumlah stafnya dinonaktifkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper