Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Centris Jual Anak Usaha di Bidang Pertaksian

Penyedia jasa transportasi PT Centris Multipersada Pratama Tbk. (CMPP) menjual beberapa anak usaha di bidang jasa taksi senilai Rp8,75 miliar untuk lebih fokus kepada jasa pengangkutan batu bara.
Ilustrasi usaha pertaksian/JIBI
Ilustrasi usaha pertaksian/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA-- Penyedia jasa transportasi PT Centris Multipersada Pratama Tbk. (CMPP) menjual beberapa anak usaha di bidang jasa taksi senilai Rp8,75 miliar untuk lebih fokus kepada jasa pengangkutan batu bara.

Dalam keterbukaan informasi, Rabu (19/3/2014), penjualan anak usaha tersebut merupakan 31,92% dari total ekuitas perseroan. Penjualan tersebut terdiri dari 96% saham di PT Centris Wahana Taksi, 99% saham di PT Adhi Cita Sarana, 97,5% saham dalam PT Botabek Central Taksi, 90% saham PT Varia Indoperkasa Pratama, 70% saham PT Bogor Adi Pradana, dan 25 unit taksi di Semarang dan D.I Yogyakarta.

Manajemen perseroan menjelaskan alasan penjualan usaha taksi adalah agar bisnis perseroan menjadi lebih fokus pada bidang penjualan batubara serta pengangkutannya, sehingga diharapkan sumber pendapatan akan lebih meningkat dan stabil.

“Transaksi penjualan dimaksudkan agar perseroan dapat memperoleh dana tambahan dalam

rangka transaksi pengambilalihan,” tulis manajemen perseroan.

Perseroan menganggap usaha taksi dengan keberadaan aset taksi yang tidak ekonomis dan  adanya persaingan oleh perusahaan-perusahaan taksi baru lainnya, sehingga perseroan tidak dapat menempatkan usaha ini sebagai usaha yang kompetitif.

Adapun, perseroan akan melakukan transaksi pengambilalihan terhadap 65% saham-saham dalam PT Rimau Shipping yang dimiliki oleh masing-masing PT Senamas Indo Mulia dan Ferry dengan nilai total mencapai Rp13,5 miliar.

Rima Shipping merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengangkutan hasil tambang yang memiliki  armada sendiri. Sebelumnya, perseroan telah memiliki anak perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan batubara yaitu PT Multi Mekar Lestari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maftuh Ihsan
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper