Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Semen Indonesia Siapkan Global Bond US$300 Juta

Bisnis.com, JAKARTA—Produsen semen pelat merah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) membuka opsi untuk menerbitkan obligasi global (global bond) senilai US$300 juta guna membiayai ekspansi tahun depan.
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 16 Juli 2013  |  10:33 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Produsen semen pelat merah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) membuka opsi untuk menerbitkan obligasi global (global bond) senilai US$300 juta guna membiayai ekspansi tahun depan.

Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto mengemukakan pihaknya menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) sekitar Rp5 triliun—Rp6 triliun pada 2014 untuk membiayai sejumlah ekspansi pabrik di dalam negeri.

Menurutnya, sekitar Rp2 triliun disiapkan untuk pembangunan proyek pabrik di Rembang (Jawa Tengah) dan Padang (Sumatra Barat), pabrik pengemasan Rp1 triliun, modal kerja Rp1 triliun, dan sejumlah pengembangan bisnis perseroan lainnya Rp1 triliun—Rp2 triliun.

“Jumlah dana itu belum termasuk rencana perseroan untuk ekspansi membangun pabrik baru di Myanmar senilai US$200 juta atau Rp2 triliun,” katanya di sela-sela acara buka puasa bersama di Kantor Pusat Semen Indonesia, Senin (15/7/2013) malam.

Bahkan, bila digabungkan dengan rencana tersebut, kebutuhan dana perseroan tahun depan mencapai US$700 juta atau setara dengan Rp7 triliun.

Dari kebutuhan dana tersebut, perseroan telah menyiapkan dana internal sekitar US$400 juta, sedangkan sisa kebutuhan dana lainnya akan disiapkan dari beberapa opsi, mulai dari pinjaman perbankan hingga penerbitan obligasi.

“Penerbitan global bond merupakan opsi pertama karena natural hedging. Bisa jadi kombinasi antara obligasi dengan pinjaman. Namun, kami masih mengkajinya secara matang,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semen indonesia ekspansi global bond pabrik myanmar
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top